Bantuan Pemerintah Belum Memadai Untuk Korban Banjir di Kab. Katingan

oleh -16 views
Gedung SDN di Kabupaten Katingan terendam banjir. Foto : Agung

BorneOneTV – Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur hulu sungai katingan dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan terus bertambahnya debit air di aliran sungai katingan yang berada di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Akibat dari curah hujan selama sebulan terakhir, ratusan buah rumah warga maupun sarana dan prasarana fasilitas umum di tujuh kecamatan yang berada di Kabupaten Katingan terendam air karena dilanda banjir, sehingga menimbulkan berbagai macam persoalan.

Tidak hanya persoalan kerugian materi saja yang di rasakan masyarakat akibat banjir ini , akan tetapi berbagai persoalan kesehatan pun mulai mengancam masyarakat setempat , seperti mewabahnya penyakit demam, diare dan gatal-gatal yang mulai menjangkiti warga.

Perhatian yang diberikan oleh pemerintah setempat pun, sama sekali belum memadai atau belum tersalurkan, sehingga warga pun mulai mengeluhkan ketidak pedulian pemerintah setempat terhadap dampak banjir yang di alami warga korban banjir.

Salah satu yang sangat di keluhkan oleh masyarakat adalah ketersedian air bersih untuk di komsumsi yang masih sangat minim.

Menurut Tikno, warga Katingan, selama banjir, warga yang menjadi korban banjir masih ada yang mengkomsumsi air dari aliran sungai dan tidak semuanya memiliki sumur.

Selama satu bulan penuh banjir merendam di tujuh kecamatan di Kabupaten Katingan, bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pun belum sepenuhnya dapat diterima oleh masyarakat korban banjir. (Agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *