Lakukan Pungli, Oknum Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Dicokok Polisi

oleh

BorneOnetv – Oknum aparatur sipil di Dinas Pendidikan kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diamankan polisi atas dugaan pungutan liar (pungli) pencairan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Dugaan pungli ini dilakukan terhadap sejumlah kepala sekolah jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Besarannya sekitar Rp300 ribu.

Masih dalam dugaan sementara, pihak Polres Kapuas mengamankan guru-guru dan staf bidang PAUD. Sebab pungutan yang dilakukan pihak oknum Dinas Pendidikan kepada setiap kepala sekolah PAUD ini tidak memberikan penjelasan. Ada guru dari Kecamatan Mantangai terkejut ketika dimintai untuk membayar uang sejumlah Rp300 ribu untuk tanda tangan berkas pengajaran.

Informasi yang didapat dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya, pencarian Bantuan Operasional Pendidikan(BOP) untuk sekolah PAUD satu sekolah di mintai Rp300 ribu.

“Kita kan hari ini ke Dinas untuk mengurus pencairan BOP, namun diminta Rp 300 ribu. Itu pun tidak dijelaskan dan tidak di beritahukan sebelumnya,” kata salah satu kepala sekolah PAUD di Kecamatan Mantangai.

Ditempat berbeda, Kapores Kapuas AKBP Sachroni Anwar SH SIK MH saat dikonfirmasi, mengatakan ada dua orang oknum Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas yang telah ditangkap oleh tim saber pungli Polres Kapuas.

“Karena Diduga kuat melakukkan pungli kepada para guru PAUD yang mau melakukkan pencairan dana bantuan,” kata Kapolres.

Berdasarkan informasi dilapangan saat OTT, Tim Saber Pungli Polres Kapuas juga mengamankan uang tunai sebesar Rp 36.300.000,- yang diduga hasil pungli tersebut serta memintai keterangan dua orang guru.

“Dari tangan oknum ini diamankan uang Rp. 36.300.000,” pungkas Kapolres. (Hamdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *