Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi

oleh -35 views
Ilustrasi Pasword Handphone. Foto : apkandro.com

BorneOneTV – Saat ini mengunci smartphone atau ponsel pintar adalah suatu keharusan. Kamu tentu tidak mau smartphone kamu jatuh ke tangan-tangan jahil.

Bukan cuma itu, mengunci smartphone juga penting untuk mengamankan data-data penting di dalam ponsel pintar kamu.

Tipe-tipe mengunci smartphone di smartphone Android bermacam-macam, mulai dari kombinasi angka dan huruf (password), PIN, pola, dan fingerprint.

Sayangnya, pengguna ponsel kadang lupa dengan kata sandi untuk membuka perangkatnya. Entah apa penyebabnya. Akibatnya ponsel tidak bisa diakses sama sekali.

Lalu, bagaimana membuka HP kamu ketika lupa dengan kata sandinya?

  1. Pakai Fitur Forgot Pattern

Fitur Forgot Pattern sudah bisa digunakan di ponsel yang dijalankan dengan Android 4.4 . Cara menggunakannya adalah setelah lima kali gagal memasukkan kata sandi, kamu akan melihat pesan ‘coba lagi dalam 30 detik’. Dari pesan itu, segera kamu pilih Forgot Pattern yang ada di bawah layar.

Biasanya, ada dua metode yang tersedia. Pertama menjawab pertanyaan keamanan atau masuk ke akun Google kamu. Untuk pilihan kedua, Google akan mengirim email berupa pola pembuka kunci ponsel atau kamu juga dapat mengubahnya.

  1. Gunakan Android Device Manager

Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau dari komputer untuk mengakses layanan Android Device Manager. Tapi, pastikan kamu masuk dengan akun Google yang terhubung dengan ponsel Android kamu yang terkunci karena lupa kata sandi.

Saat masuk ke Android Device Manager, ada tiga pilihan Deringkan, Kunci, dan Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru, seperti mengganti pola, PIN, atau password lama kamu yang lupa. Ketik kata sandi baru lalu klik tombol Lock. Tunggu lima menit, kemudian masukkan kata sandi baru di ponsel kamu yang sebelumnya terkunci.

  1. Gunakan Factory Reset

Factory Reset adalah cara terakhir jika cara-cara di atas tidak bisa juga membuka kunci di ponsel kamu. Akibatnya, kamu harus rela merelakan semua data yang ada di memori internal ponsel akan hilang.

Untuk masuk ke Recovery Mode bermacam, tergantung tipe dan merek smartphone. Kamu tinggal browsing caranya sesuai dengan tipe ponsel yang terkunci.

Tapi, biasanya untuk masuk ke menu Recovery Mode caranya dengan mematikan ponsel, lalu tekan tombol power dan volume down atau bawah secara bersamaan.

Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk memilih menu Wipe Data atau Factory Reset, lalu tekan tombol power untuk memilihnya. Setelah itu, pilih Reboot system now dan smartphone kamu jadi seperti baru lagi dan tanpa kata sandi lagi.

Sebenarnya, cara-cara di atas tidak perlu kamu lakukan jika menggunakan smartphone Advan G1 Pro. Karena, ponsel sudah menggunakan teknologi fingerprint dan scan wajah untuk membuka ponsel. Tak perlu lagi menggunakan pola, PIN, dan password untuk membuka ponsel.

Fingerprint yang ada di Advan G1 Pro dirancang menggunakan chip yang terintegrasi degan keamanan prosesor tingkat tinggi. Tujuannya untuk memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya. Hebatnya lagi, kemampuan membuka kunci dengan fingerprint sangat cepat, hanya 0,3 detik.

Bukan hanya itu, ada juga fitur Xlocker berupa Face Unlocker yang bertugas mengamankan dan mengunci smartphone menggunakan scan wajah pengguna sebagai pembuka ponsel.

Face Unlocker juga bisa digunakan untuk mengunci berbagai data di ponsel dengan scan wajah, seperti foto atau gambar, SMS, serta obrolan penting dalam aplikasi chat seperti WhatsApp, WeChat, Line, dan kontak.

Fitur ini juga mampu mengenali wajah pemiliknya lewat sebuah foto. Tapi, foto yang digunakan harus beresolusi tinggi.

Dengan teknologi fingerprint dan scan wajah, kamu tak perlu takut lagi lupa dengan kata sandi, berupa pin, pola, atau password untuk membuka kunci smartphone.

Di Xlocker juga fitur Intruder Selfie. Ini adalah fitur yang menarik, karena mampu memotret siapa pun (tangan-tangan jahil) yang membuka aplikasi-aplikasi di ponsel secara diam-diam (tanpa izin dari pemilik ponsel).

Ponsel akan memotret secara diam-diam, jika si tangan jahil salah memasukkan password beberapa kali untuk masuk ke aplikasi yang terkunci. Dengan fitur ini, kamu akan tahu siapa orang berusaha mengakses ponsel tanpa izin.

Untuk segi keamanan smartphone lainnya, di Advan G1 Pro juga ada fitur Privacy System atau Sistem Privasi. Pasti kamu pernah meminjamkan ponsel ke orang lain, contohnya saat keadaan darurat. Namun, tetap saja ada rasa was-was saat meminjam ponsel ke orang lain, takutnya dia iseng mengeksplorasi isi ponsel kita.

Untungnya fitur Privacy System punya kemampuan mengunci semua data-data di ponsel. Seperti kontak pribadi, SMS, video, foto, aplikasi, file dan dokumen-dokumen.

Untuk mengakses berbagai data-data itu, kamu bisa melakukannya dari dial plate atau desktop icon sesuai setting yang dikehendaki. Cukup dengan gabungan kombinasi angka dan karakter ‘* & #’. Selain itu, jika kamu melakukannya dari dial plate, maka tidak akan ada shortcut apapun di halaman depan smartphone, sehingga hanya kamu yang tahu bagaimana cara mengakses ruang rahasia tersebut.

Fitur Privacy System juga bisa membantu kamu yang merasa tidak nyaman dengan munculnya nama di panggilan masuk dan SMS yang terpampang di layar ponsel. Kamu bisa menyamarkan nama kontak saat ada panggilan masuk dan SMS. Keren kan!

Ada juga fitur keamanan Guest Mode. Ini seperti yang ada di laptop dengan membagi ruang untuk tamu dan user (pengguna). Jadi, ketika kamu meminjam ponsel ke orang lain, tidak merasa khawatir isi ponsel kamu akan dilihat oleh si peminjam ponsel.

Kehebatan lain dari sistem keamanan di Advan G1 Pro adalah fitur Sistem Enkripsi Data. Fitur ini berkat adanya Advan Security yang bekerjasama dengan perusahaan keamanan data 360 Security.

Fitur ini akan melindungi semua data di smartphone dengan sistem enkripsi ber-password saat melakukan transaksi e-commerce ketika melakukan pembayaran dengan mobile banking atau internet banking. Semua data yang kirim hanya bisa dibuka oleh si penerima yang dituju.

Tertarik dengan ponsel yang sudah memiliki fitur mengunci ponsel dengan fingerprint dan scan wajah serta punya keamanan yang ‘segambreng’? Advan G1 Pro adalah pilihannya.

Smartphone yang mengusung layar 5 inci dengan kualitas setara AMOLED, RAM 3 GB, ROM 32 GB, kamera belakang 13 MP, dan kamera depan 8 MP ini dibanderol hanya dengan harga Rp1.799.000 dan bisa dibeli di Lazada. (arah.com)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *