Polres Kapuas Utus 30 Personel Amankan Upacara Ngaben

oleh
Suasana Upacara Ngaben di Banjar Merta Sari, Desa Batunindan, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. Foto : Beni Roska

BorneOneTV – Puluhan personel dari Polres Kapuas dan Polsek Basarang  mengamankan upacara ngaben di Banjar Merta Sari, Desa Batunindan,  Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas dari pukul 06.00 wib sampai selesai, Jumat 28 Juli 2017.

Pengamanan acara Hindu  tersebut di pimpin langsung oleh Kapolsek Basarang, AKP Darwin, MM, disela-sela acara itu ia menyampaikan untuk pengamanan masyarakat di jalanan polres sudah menurunkan lantas di bantu Sabhara dan Reskrim supaya masyarakat aman ketika melakukan ibadah.

Acara ngaben tersebut adalah acara puncak pembakaran tulang binulang (keramasan) orang yang terdahulu sudah meninggal menurut keyakinan Hindu.

Salah satu tokoh Hindu, WayanWindra di acara ngaben kali ini mengatakan  sebanyak 36 orang rangkain tulang  orang yang sudah meninggal telah  dikumpulkan.

“17 tulang dewasa, 19 tulang dari anak-anak atau  balita dan tradisi  ngaben ini  per 5 tahun sekali dilakukan di tempat ini,” ujarnya

Dalam Tradisi ngaben ini, sebelum sampai di tempat pembakaran (keramasan) di lakukan terlebih dalahulu arak-arakan, yakni mulai dari Banjar Merta Sari sampai kepersinggahan terakhir  atau tempat pembakaran. Dilakukan secarabersama-sama dan diikuti ribuan orang sanak saudara dan ribuan masyarakat yang melihat acara  tersebut. (Beni Roska)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *