8 Titik Api Terpantau di Kabupaten Ketapang

BorneOneTV – Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ketapang saat ini setidaknya ada 8 titik hot spot yang telah terpantau.

Kepala BPBK melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Sumiransyah mengatakan, delapan titik hotspot yang terdeteksi terdapat di empat Kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Kendawangan, Marau, Simpang Hulu dan Sungai Laur.

“Dari Data BPBD Ketapang pada minggu terakhir, terhitung sejak 23 Juli sampai 31 juli, terdapat 8 titik panas yang tersebar di empat Kecamatan,” kata Sumiransyah saat diwawancarai, Kamis sore 3 Agustus 2017.

Dari empat Kecamatan yang terdapat titik panas, didominasi oleh Kendawangan. Pasalnya, di Kendawangan ada tiga titik. Seperti di Desa Kendawangan Kiri dan Air Hitam Besar. Selebihnya, lanjut dia, di Desa Semandang Kanan Simpang Hulu, Desa Randai Marau dan Desa Sukaramai Sungai Laur.

“Dari 8 titik panas tersebut, alhamdulillah bisa tertanggulangi tim gabungan. Terlebih kebakaran yang terjadi adalah kebakaran sedang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari titik-titik yang terbakar kebanyakan lahan kosong, terutama daerah untuk pertanian, khususnya daerah perhuluan. Sementara di pesisir adalah lahan-lahan gambut.

Diakuinya, saat ini pihaknya bersama tim gabungan sedang gencarnya melakukan pencegahan. Terlebih dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan rapat koordinasi dan kontinjensi bersama instansi terkait.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya selalu memonitoring titik rawan hotspot di Ketapang. Selain melalui tim TRC yang dibentuk, pesawat waterbom bantuan BNPB Provinsi juga sudah mulai dioperasikan.

“Pesawat bantuan BNPB sudah mulai dioperasikan setiap harinya. Tujuannya untuk memonitoring titik-titik rawan Karhutla,” tutupnya.(Rossi Yulizar)

(Visited 29 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here