DPRD Kalbar Siap Kawal Pembangunan Bandara di Singkawang

0
47

BorneOneTV – Rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kota Singkawang juga di dukung oleh DPRD Provinsi Kalbar. Seperti yang dikatakan Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Bong Cin Nen bahwa pihaknya siap mendukung dan mengawal proses pembangunan bandara tersebut.

“Untuk pembangunannya kita akan kawal agar sesuai dengan harapan. Kita juga meminta masyarakat untuk mendukung ini, sebab bandara akan terasa lancar apabila masyarakat Singkawang menerima dan mendukung,” ujarnya saat menghadiri Musdalub Partai Golkar di Taman Pasir Panjang Singkawang, Minggu 06 Agustus 2017.

Untuk tahapan penerimaan dan dukungan itu dikatakannya tidak bisa serta merta Free. Artinya, pasti ada sesuatu yang akan diselesaikan, salah satunya pembebasan lahan. Untuk pembebasan lahan ini pula, dirinya berpesan harus dilakukan dengan baik.

“Pemerintah juga harus melakukan pendekatan dengan masyarakatnya dengan baik di wilayah perbatasannya antara Singkawang – Bengkayang, agar tidak terjadi konflik. Jadi harus di tata dengan rapi,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa Kabupaten Bengkayang sudah menyatakan siap membagi lahan, apabila lahan yang ada tidak cukup. Artinya dengan begini arah perwujudan Bandara di Kota Singkawang sudah semakin berpeluang untuk terwujud.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Masyarakat Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan juga telah setuju dengan pembangunan bandar udara baru yang direncanakan pemerintah. Persetujuan mereka dituangkan dalam penandatanganan berita acara kesepakatan lokasi bandara baru Kota Singkawang pada Konsultasi publik pengadaan tanah untuk pembangunan bandar udara baru di Kota Singkawang, tepatnya di Aula SPP Kecamatan Singkawang Selatan kemarin,” katanya.

Pada kesepakatan itu pula di saksikan oleh Kabiro Pemerintah Prov Kalbar Yohanes Budiman, Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalbar Alexander Rombonang, Kadishub Provinsi Kalbar, perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalbar dan Kasubdit Tipikor Polda Kalbar. Asisten 1 Pemerintahan Setda Kota Singkawang Hery Apriyadi, Kadishub Singkawang Sumastro, Kodim Singkawang, Polres Singkawang dan masyarakat maupun pengusaha yang terkena dampak dari pembangunan bandara tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto mengatakan bahwa rencana pembanguan Bandara Kota Singkawang ini sudah cukup lama. Sejak tahun 2001 lalu. Namun hingga saat ini belum terealisasi.

“Sejak terbentuknya Kota Singkawang 2001 lalu. Jadi memang sudah lama, tapi untuk membangum bandara ini memang butuh proses yang panjang. Persiapan yang matang juga, jangan sampai kedepannya sia-sia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan pihaknya sudah melakukan upaya-upaya agar Bandara ini dapat terealisasi. Seperti berkonsultasi dan koordinasi baik itu Pemerintah Provinsi, Pusat dan instansi-instansi terkait pula.

“Kita sudah lakukan upaya juga, karena kita juga berharap ini dapat segera terealisasi, sebab bandara ini juga akan berdampak positif bagi Kabupaten yang tergabung di Singbebas,” tuturnya.

Pihaknya, dikatakan Sumberanto juga siap untuk mengawal pembangunan bandara tersebut.

“Kita juga sama dengan DPRD Provinsi, siap untuk mengawap pembangunan ini,” pungkasnya.(daeng/jabu).

(Visited 92 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here