Ada Planet Baru yang Layak Huni dan Punya Cuaca Sejuk

oleh -27 views
Planet Gliese 667C yang mendukung kehidupan (Daily Mail)

BorneOneTV – Astronom menemukan tujuh planet yang memiliki posisi terdekat dengan sistem Tata Surya. Dan tiga planet dari tujuh planet tersebut ternyata mampu mendukung sebuah kehidupan.

Dari tiga planet tersebut, ada planet yang mampu mendukung kehidupan. Planet yang memiliki nama Gliese 667C mengorbit di dekat rasi bintang Scorpius yang berjarak 20 tahun cahaya.

Para astronom percaya bahwa planet tersebut adalah zona habitat bagi manusia. Itu terlihat dari orbitnya yang lumayan jauh dari matahari, sehingga memungkinkan memiliki suhu sejuk dan memiliki kandungan air, dilansir Daily Mail, Senin 07 Agustus 2017.

Posisi Gliese 667C sangat dekat dengan dua planet lainnya, sehingga ketika malam hari, dua planet itu akan terlihat seperti bulan purnama.

Menurut Guillem Anglada Escuda, dari University of Gottingen, Jerman, sebelumnya kami tidak mendapat sinyal keberadaan planet Gliese 667C di dalam data-data pemantauan.

“Kami akhirnya kembali memeriksa data-data tersebut dan melakukan pemantauan baru,” kata Escuda.

Escuda menambahkan, planet Gliese 667C memiliki ukuran lebih kecil dari Bumi. Sedangkan posisi Gliese 667C yang jauh dari matahari, mengakibatkan cahaya di planet itu menjadi redup dan bercuaca dingin.

“Bumi mengelilingi matahari dengan jarak yang dekat sehingga membuat cuacanya panas. Tapi, Gliese 667C tidak mengorbit dekat dengan matahari dan membuat cuacanya menjadi dingin dan redup,” tambahnya. (arah.com)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *