Kasihan, Planet Ini ‘Kesepian’ Tanpa Ditemani Bintang

oleh -6 views
Planet PSO J318.5-22 (Space)

BorneOneTV – Tim astronom berhasil menemukan sebuah planet baru yang mengambang sendiri di ruang angkasa tanpa ada bintang yang mengorbit. Alhasil planet itu dijuluki sebagai planet kesepian.

Temuan planet baru pertama kali terdekteksi oleh Teleskop Pan-STARRS 1 (PS1) yang diletakkan di Gunung Berapi Maui Haleakala, Hawai. Posisi planet itu sekitar 12 tahun cahaya dari Bumi, dilansir Space, Senin 07 Agustus 2017.

“Planet soliter itu diberi nama PSO J318.5-22 dan diperkirakan berumur 12 juta tahun. Ukurannya planet PSO J318.5-22 cukup besar, enam kali ukuran Jupiter,” kata Michael Liu, Peneliti dari Institute Astronomy di University of Hawaii, Manoa, Amerika Serikat.

Liu menambahkan, tim astronom sebelumnya tidak pernah menemukan planet muda baru yang mengambang di ruang angkasa sendirian. Harusnya, karakteristik dari planet muda adalah di sekitarnya pasti ditemukan bintang-bintang.

“Mengapa planet itu soliter? Itu yang sedang kami cari tahu bersama tim astronom lainnya,” ujar Liu.

Temuan planet PSO J318.5-22 telah membuka jalan baru bagi astronom untuk memahami sifat dari eksoplanet –planet-planet yang ada di luar Tata Surya–. Namun, hanya beberapa planet baru yang sudah dipelajari.

“Planet PSO J318.5-22 adalah satu dari ratusan eksoplanet. Planet itu perlu dipelajari lebih jauh karena tidak ditemukan bintang di sekitarnya,” kata Niall Deacon, Peneliti dari Max Planck Institute for Astronomy, Jerman.

Dalam 10 tahun terakhir, tim astronom telah menemukan lebih dari 800 eksoplanet. Tapi, banyak astronom yang memprediksikan masih ada milyaran eksoplanet di alam semesta. (arah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *