Stok Sapi di Singkawang Jelang Idul Adha Masih Aman

BorneOneTV – Menjelang beberapa pekan Idul Adha, pasokan sapi di Kota Singkawang masih aman dan cukup memenuhi permintaan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan salah satu pedagang sapi, Holiansyah, bahwa kalau melihat pasokan yang ada, kemungkinan besar sampai menjelang Idul Adha nantinya aman.

“Ya semoga saja sampai Idul Adha mendatang aman, kemungkinan besar itu akan terjadi,” ujarnya, Rabu 16 Agustus 2017.

Diakuinya pula, sapi-sapi yang ada di Kota Singkawang sebagian didatangkan dari pulau Jawa. Hal itu untuk dapat memenuhi permintaan pasar agar tak kekurangan.

“Hampir rata kita pasok dari pulau jawa sapi-sapi yang ada ini,” akunya.

Untuk harga sapi itu sendiri, jelasnya dijual dikisaran Rp 120 ribu per kilogram. Sementara untuk satu ekornya harganya bervariasi dimana rata rata perekor sapi dijual dengan harga belasan juta rupiah.

“Ya tergantung jenis sapi dan kualitas sapi itu sendiri, jadi semuanya tidak sama,” akunya.

Kebutuhan masyarakat akan sapi di idul adha ini relatif meningkat dibanding dengan hari raya Idul Fitri.

“Yang jelas kalau Idul Adha ini pembeli lebih ramai dibandingkan Idul Fitri sebelumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang Ir Yusnita Fitriadi pihaknya tetap berusaha agar pasokan daging sapi terpenuhi terutama jelang Idul Adha ini.

Ia juga menjelaskan salah satu hal terpenting adalah kesehatan hewan yang akan disembelih pada hari raya kurban ini. Oleh sebab itu pihaknya akan menerjunkan tim dalam rangka mengecek kesehatan hewan kurban.

“Jadi kita akan terjunkan tim ke masjid-masjid, rumah potong hewan untuk mengecek kesehatan hewan kurban sampai hari pelaksanaan kurban nanti,” pungkasnya.(daeng/jabu)

(Visited 20 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here