Badan Permusyawaratan Desa(BPD) Mitra Kades dan Harus Punya Peran

oleh
foto(Faisal )
Borneonetv,Usai melantik 9 orang anggota BPD desa Mekar Baru Kecamatan Sungai Raya, Jumat (18/8) Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD), agar terus meningkatkan koordinasi dengan Kepala Desa supaya pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Rusman Ali mengatakan bahwa keberadaan BPD sangatlah penting, sehingga peran serta harus dapat diaktulaisasikan dalam bentuk kerja dan karya nyata yang bermanfat bagi pembangunan serta kemajuan masyarakat desa.

“Anggota BPD merupakan mitra dari kepala desa, diharapkan untuk turut serta membantu pemerintah desa dalam segala hal, diataranya mendukung pelaksanaan program-program pemerintah melalui nawa cita bapak Jokowi yang tertuang dalam sembilan programnya,”ungkapnya Rusman Ali.

Program yang harus dijalankan menurut Rusman Ali yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan, penegakkan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan juga terpercaya. Untuk itu BPD harus memiliki beberapa fungsi yang harus dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik, terutama melakukan pembahasan dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa.

“BPD harus mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa yang ada,”papar Rusman Ali.

Untuk melaksanakan fungsi membahas dan menyepakati rangcangan peraturan desa bersama kepala desa, Rusman Ali mengatakan bahwa anggota BPD harus segera memahami mekanisme pembuatan peraturan desa (PERDES), sehingga produk perdes yang dihasilkan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Fungsi ini sangat penting, karena roh dari otonomi desa berupa kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangga desa sendiri. Itu diwujudkan dan tercermin dari kemampuan desa dalam menyiapkan peraturan desa terkait penyelnggaraan pemerintahan, pembanggunan, pemberdayaan dan pembinaan kehidupan di masyarakat,”jelas Rusman Ali.

Sementara itu Nursyam Ibrahim, Kepala Dinas Sosial dan Pemerintah DesaKubu Raya mengatakan, bahwa BPD yang ada di desa harus dikuatkan dan ditingkatkan.

”BPD, tidak hanya berperan diunsur-unsur pemerintah desa saja, tetapi merupakan mitra kepala desa dalam rangka pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan,”jelas Nursyam.

Nursyam menambakan bahwa, pihaknya tidak akan memberikan toleransi dan semuanya harus bekerja dengan baik demi pembanggunan didesanya sendri. (fsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *