Ini Dia Minyak Esensial yang Ampuh untuk Redakan Asma

oleh -0 views
Ilustrasi

BorneOneTV – Jutaan orang di dunia memiliki penyakit asma yang bisa datang menyerang kapan saja. Demi mengatasi pernapasan yang terganggu ini kerap dokter merekomendasikan penggunaan inhaler. Sayangnya inhales punya kandungan unsur kimia termasuk steroid yang bisa sangat mempengaruhi tubuh Anda.

Jangan khawatir, sebab alam sudah punya solusi lain yang lebih aman buat Anda, yakni dengan menggunakan beberapa jenis minyak esensial. Selama serangan asma, otot-otot di dekat paru-paru Anda mengencang, dan menjadi sulit bagi Anda untuk bernafas. Minyak esensial mengendurkan otot-otot tersebut dan mencegah pembentukan lendir. Berikut sejumlah minyak yang ampuh untuk meredakan asma seperti dilansir BoldSky.

1. Minyak Lavender

Minyak lavender dapat membantu mengurangi peradangan bronkial alergi. Minyak ini juga merangsang sirkulasi darah, memperbaiki pencernaan dan mengatasi masalah pernafasan lainnya seperti kongesti sinus, radang tenggorokan, dan lain-lain. Anda dapat menggunakannya dengan meneteskan 8-10 tetes minyak lavender ke dalam semangkuk besar air panas dan tarik napas uap yang menutupi kepala Anda dengan handuk.

2. Minyak Cengkeh

Sifat analgesik dan anti-inflamasi yang ada dalam minyak cengkeh membersihkan lendir yang tersumbat dan membantu pasien asma bernafas dengan benar. Anda dapat memanfaatkannya dengan mencampurnya dalam campuran mangkuk kecil 5-6 tetes minyak cengkeh dan satu sendok minyak almond. Kemudian oleskan di dada pasien selama hampir 5 menit. Cara lainnya, tambahkan sepuluh tetes minyak cengkeh beserta dua sdt minyak kelapa/almond dan gunakan diffuser minyak atau vaporizer. Aromanya akan memberi kelegaan pada pasien.

3. Minyak Eucalyptus/Kayu Putih

Aroma minyak kayu putih yang kuat membersihkan saluran udara yang tersumbat dan saluran hidung dan membuat Anda bernafas dengan normal. Hal ini juga membuat tubuh Anda kebal terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan asma. Tambahkan 8-10 tetes minyak kayu putih ke dalam air panas dan tarik uapnya. Ulangi prosesnya dua kali atau tiga kali sehari, dan ini akan bekerja seperti keajaiban untuk asma Anda. Namun, mereka yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari menghirup minyak ini.

4. Minyak Peppermint

Minyak ini memiliki kualitas antispasmodik yang memberi kelegaan pada penderita asma. Ini adalah minyak yang berguna untuk olahraga dan menenangkan otot saluran pernafasan, yang jika dikencangkan karena serangan asma. Aromanya bisa membersihkan mulut tersumbat dan batuk juga. Dalam mangkuk tambahkan beberapa tetes minyak peppermint dan hirupnya dengan menggunakan bola kapas. Prosedur ini akan membantu Anda mencegah terjadinya serangan asma lebih jauh. (Arah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *