Minat Beli Hewan Kurban di Kubu Raya Menurun di Tahun Ini

oleh
Ilustrasi Hewan Kurban Sapi. Foto : atus.staff.ugm.ac.id

BorneOneTV – Sepekan menjelang perayaan hari raya kurban 1438 Hijriah, minat beli masyarakat terhadap hewan kurban sapi di Kabupaten Kubu Raya menurun dari tahun sebelumnya, tinggal sepekan lagi jelang perayaan Idul Adha ini belum banyak warga yang membeli sapi untuk dikurbankan, sehingga hal ini dikeluhkan oleh para pedagang sapi yang ada di Kubu raya pasalnya hal itu berdampak pada omset yang mereka dapatkan. Apalagi sapi-sapi yang mereka jual tersebut didatangkan dari pulau Jawa.

Zulkarnaen, salah seorang pedagang sapi kurban mengatakan, bahwa ada penurunan terhadap daya beli masyarakat, bayangkan saja tinggal sepekan jelang perayaan kurban baru dua ekor sapi kurban yang laku, padahal ditahun sebelumnya, dua minggu jelang Idul Adha saja sudah bisa laku delapan hingga sepuluh ekor.

“Cukup turun drastis daya beli dan minat kurban masyarakat tahun ini, mungkin karena faktor ekonomi yang membuat banyak pembeli yang mengurungkan niat mereka untuk berkurban sapi, yang harganya memang cukup tinggi,” ujar Zulkarnaen saat ditemui BorneOneTV di rumahnya, Senin 28 Agustus 2017.

Sapi-sapi yang dijualnya pada hari raya kurban sangat bervariatif yaitu mulai dari 14 juta rupiah hingga 18 juta rupiah bahkan lebih, tergantung dengan bobot sapi yang akan dibeli.

“Untuk harga tidak ada kenaikan dari harga sebelumnya, berkisar diangka 14 hingga 18 juta rupiah saja,” jelas Zulkarnaen.

Hal senada juga dikatakan Rahman, yang mengakui omset penjualan sapi untuk kurban tahun ini mengalami penurunan, dan hingga saat ini sapi-sapi yang dijualnya baru laku satu ekor, berbanding terbalik dengan tahun sebelumnya, dimana mendekati hari H ini dia sudah bisa menjual 3 sampai 5 ekor sapi.

“Tahun ini benar-benar jauh dari yang diperkirakan, ditahun-tahun sebelumnya, kalau sudah menjelang hari raya kurban, saya sudah menjual 3 sampai 4 ekor sapi dan bayangkan saja berapa pendapatan saya,” terang Rahman.

Para pedagang pun berharap agar ditahun depan minat masyarakat untuk membeli hewan kurban tidak seperti ditahun ini.

Sementara itu Dinas Peternakan Kubu Raya menyatakan bahwa stok hewan kurban di Kabupaten Kubu Raya jelang perayaan hari raya kurban tahun ini aman dan tercukupi, dan Dinas Peternakan Kubu Raya pun telah membentuk tim pengawas untuk pemotongan hewan-hewan kurban yang dilakukan oleh masyarakat kubu raya nantinya. (fsl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *