Air Putih dalam Kemasan Punya Tanggal Kadaluwarsa, Bisa Basi Kah?

oleh -4 views
Ilustrasi air mineral dalam kemasan

BorneOneTV – Semua jenis makanan yang lama disimpan di ruangan terbuka pasti akan basi. Tak hanya berlaku pada makanan saja, minuman pun juga bisa basi, apalagi minuman kemasan. Minuman dan makanan kemasan selalu memiliki tanggal kedaluwarsa.

Jika makanan atau minuman basi dikonsumsi tentunya akan mengakibatkan keracunan. Ini diakibatkan kontaminasi dari kuman dan bakteri pada makanan yang sudah basi.

Tapi, apakah minuman seperti air putih juga bisa basi? Sama halnya dengan makanan dan minuman lain, air putih dalam kemasan yang sering kita konsumsi tentu saja bisa basi dan kedaluwarsa.

Kita bisa melihat tanggal kedaluwarsa pada bagian botol air kemasan yang hendak kita konsumsi. Tanggal kedaluwarsa ini berfungsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah keracunan pada konsumen.

Pada botol air putih kemasan sebenarnya, tanggal kedaluwarsa tidak memengaruhi kualitas air. Maksudnya adalah jika tanggal kedaluwarsa sudah lewat, kualitas air mungkin masih cukup baik dan layak dikonsumsi. Akan tetapi, air putih kemasan tersebut bisa berubah menjadi tidak layak diminum karena bagaimana cara kita menyimpannya.

Terlalu seringnya terkena sinar matahari, maka air putih kemasan ini akan berpotensi terkontaminasi zat-zat kimia yang berasal dari botol tersebut yang terbuat dari kaleng ataupun plastik.

Contohnya seperti, seseorang yang meninggalkan air putih didalam gelas atau wadah yang terbuka selama berhari-hari hingga berminggu-minggu, maka lihatlah air sudah sedikit berubah warnanya, menjadi sarang nyamuk, hingga ditumbuhi oleh jamur ataupun lumut. Ini sudah membuat air putih menjadi basi.

Tipsnya adalah jangan menyimpan air putih kemasan maupun tidak diruangan yang terkena langsung sinar matahari, jangan menyimpan botol air putih kemasan di dalam mobil berhari-hari. Perhatikan cara kita menyimpan air putih terserbut dengan aman dan benar. (arah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *