Akhirnya, Indonesia Miliki Museum Modern Pertama Bertaraf Internasional

0
7
Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau disingkat Museum MACAN. (Foto: Instagram)

BorneOneTV – Cita-cita Indonesia untuk memiliki museum seni modern internasional nampaknya dalam waktu hitungan bulan akan segera terwujud dan dijadwalkan akan dibuka di Jakarta pada November.

Museum yang diberi nama Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau disingkat Museum MACAN ini akan dibangun di atas gedung serba di sebelah barat ibu kota Indonesia dengan luas 4000 meter persegi, seperti dilansir Lonely Planet.

Museum ini rencananya akan menampilkan serangkaian galeri serta taman pahatan indoor berikut berbagai ruangan audio visual.

Pada acara peresmian yang akan mempersilakan para pencinta seni untuk datang ini, juga akan diisi serangkaian acara yang menampilkan karya seniman asal Indonesia atau bahkan internasional yang terkenal dengan sebutan MACAN First Sight sejal pertengahan Agustus lalu.

Tidak kurang dari 90 karya dari koleksi pribadi sang pendiri Haryanto Adikoesoemo, yang berhasil menelurkan karya sebanyak 800 buah setelah berkarya 25 tahun lamanya.

Bukan hanya Haryanto, terdapat pula karya fenomenal seperti Affandi, Raden Saleh dan Heri Doni, berikut juga senimal internasional seperti Jeff Koons, Andy Warhol dan Anish Kapoor.

“Saya ingin Museum MACAN mengembangkan dan memajukan pemahaman orang Indonesia tentang seni dan apresiasi seni,” ujar Adikoesoemo.

Selain memamerkan karya seni, dibangunnya museum ini juga dapat membantu pertukaran karya Indonesia dan dunia untuk menyediakan platform seni rupa Indonesia secara internasional dan seni internasional diadaptasi ke Indonesia.

Tak hanya Museum MACAN pada bulan yang sama, setidaknya terdapat dua pameran seni kontemporer di Indonesia yang juga dibuka dan diresmikan seperti Jakarta Biennale pada 4 November dan Biennale Jogja pada 2 November. (Dini Afrianti/arah.com)

(Visited 47 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here