Ibu Hamil Sebaiknya Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih

0
16
Nasi Putih (Shutterstock)

BorneOneTV – Menurut sebuah penelitian, anak-anak yang lahir dari wanita mengidap diabetes gestasional karena terlalu banyak mengonsumsi nasi putih, memiliki risiko obesitas lebih tinggi pada usia tujuh tahun. Butir halus, yang merupakan sumber utama karbohidrat, telah dikaitkan dengan diabetes Tipe 2, obesitas dan penyakit jantung.

Temuan menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari wanita dengan diabetes gestasional atau gula darah tinggi selama kehamilan, dan mengonsumsi gandum paling halus (lebih dari 156 gram per hari) dua kali lebih mungkin mengalami obesitas pada usia 7 tahun, dibandingkan dengan mereka yang ibunya hanya mengonsumsi sedikit gandum olahan (kurang dari 37 gram per hari).

Hubungan antara ibu hamil yang mengonsumsi biji-bijian dan obesitas anak-anak pada usia 7 tahun masih bertahan saat para peneliti mengendalikan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi berat badan anak-anak, seperti tingkat aktivitas fisik dan konsumsi sayuran, buah dan permen, kata Zhang Cuilin dari Eunice Kennedy Shriver Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pembangunan Manusia di National Institutes of Health di AS.

Data yang muncul menunjukkan bahwa paparan in utero terhadap karbohidrat olahan makanan dapat menyebabkan predisposisi keturunan terhadap obesitas, yang mengindikasikan peran potensial untuk pemrograman nutrisi pada awal asal obesitas. Untuk penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, tim membandingkan catatan dari 918 pasangan ibu-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here