Ratusan Rumah di Dua Kecamatan Ketapang Terendam Banjir

BorneOneTV- Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Jelai Hulu dan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang mengakibatkan ratusan rumah di dua Kecamatan tersebut terendam banjir.

Banjir dengan ketinggian bervariasi hingga 2,5 meter menenggelamkan ratusan rumah di dua Kecamatan tersebut.

Kepala Desa Riam Danau Kanan, Kecamatan Jelai Hulu, Sudarminto mengatakan, banjir yang diakibatkan hujan deras membuat puluhan rumah di desanya tenggelam. Banjir terjadi sejak Selasa kemarin 29 Agustus 2017 sampai hari ini pun masih terjadi.

“Sudah puluhan rumah di desa kami tenggelam,” ungkapnya kepada BorneOneTV di Ketapang, Rabu 30 Agustus 2017.

Ia melanjutkan, kalau dalam kurun waktu beberapa bulan ini sudah terjadi empat kali banjir melanda desanya. Banjir pertama pada beberapa waktu lalu selama empat hari, kemudian banjir susulan kedua selama satu hari, banjir ketiga selama dua hari dan kemarin kembali desanya dilanda banjir.

“Banjir kali ini ketinggian airnya bervariasi bahkan ada yang sampai 2,5 meter makanya banyak rumah tenggelam,” jelasnya.

Ia menambahkan, akibat banjir ini banyak warga yang kehilangan harta bendanya dan mengungsi baik kerumah sanak saudara maupun ketempat penampungan sementara.

Untuk itu, ia datang ke Ketapang guna mempertanyakan langkah Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial mengenai bantuan seperti makanan dan lainnya untuk pihaknya.

“Karena sudah 4 kali dilanda banjir belum pernah ada bantuan-bantuan dari kami terealisasi,” ungkapnya.

Dirinya ke Ketapang, berkoordinasi dengan Dinas Sosial alasan mereka (Dinsos) bilang karena SK dari pihak penanggulangan banjir belum sampai ke mereka.

“Saya ingin memastikan soal bantuan ini agar saya tidak disalahkan warga dan warga saya mendapatkan bantuan,” ucapnya.

Diakuinya, selain di desanya, Desa Kesuma Jaya yang berseberangan dengan desanya juga mengalami banjir yang sama bahkan kondisi banjir di desa tersebut lebih parah sehingga membuat sekitar 40 an rumah warganya tenggelam. (Rizar)

(Visited 38 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here