Bom Peninggalan PD II Ditemukan, 70.000 Warga Jerman Mengungsi

BorneOneTV – Sekitar 70.000 orang di Frankfurt harus mengungsi dari rumah mereka pada akhir pekan ini akibat ditemukannya bom Perang Dunia II i pascaperang terbesar di Jerman. Bom lawas itu dijuluki “blockbuster”.

Penjinakan akan dilakukan terhadap bom Inggris seberat 1.400 ton itu, menurut media Jerman, dijuluki “Wohnblockknacker” (blockbuster) karena saat era perang, kemampuannya menghancurkan seluruh jalan atau bangunan.

Bom yang belum meledak itu ditemukan pada Selasa dalam sebuah pembangunan tidak jauh dari Westend Campus of the Goethe University Frankfurt, ujar seorang polisi dalam sebuah pernyataan.

Petugas yang menjaga tempat itu dan berkata bahwa “saat ini tidak ada bahaya”.

Polisi mengatakan bom itu adalah HC 4000, sebuah bom berkapasitas tinggi yang digunakan dalam serangan udara oleh pasukan Inggris.

“Berhubung ukuran bom sangat besar, tindakan evakuasi yang ekstensif harus dilakukan,” kata polisi kepada AFP.

Jalan Wismarer, tempat bom ditemukan, berada dekat dengan pusat kota dan hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer sebelah utara dari area perbelanjaan utama, Zeil.

Lebih dari 70 tahun setelah berakhirnya perang, sejumlah bom yang belum meledak sering ditemukan terkubur di tanah Jerman, warisan serangan udara besar-besaran pasukan Sekutu melawan Nazi Jerman.

Salah satu evakuasi terbesar adalah saat perayaan Natal tahun lalu, ketika satu bom Inggris yang tidak meledak memaksa 54.000 orang mengungsi dari rumah mereka di kota selatan Augsburg.

50.000 warga lainnya harus meninggalkan rumah mereka di kota Hanover pada bulan Mei saat berlangsungnya operasi menjinakkan beberapa bom era Perang Dunia II. (arah.com)

(Visited 15 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here