Ribuan Umat Muslim Shalat Idul Adha di Bandara Pangsuma Putussibau

oleh
Suasana Shalat Idul Adha di bandara pangsuma, Putussibau, Kapuas Hulu. Foto : Mulyadi

BorneOneTV – Ribuan umat muslim di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan shalat Idul Adha 1438 H di lapangan landasan bandara udara Pangsuma, Putussibau pada Jumat 01 Agustus 2017 kemarin.

Meskipun suasana cuaca tampak mendung, tak menghalangi jamaah untuk datang dalam melaksanakan ibadah sunnah wajib yang dilaksanakan setiap tahun.

Gema shalawat dan takbir yang tak henti-hentinya dikumandangkan oleh khatib secara bergantian, hingga suasana terasa benar-benar khusuk.

Shalat Idul Adha dilaksanakan di bandara Pangsuma, dengan dihadiri oleh Sekda Pemkab Kapuas Hulu, Ir. H. Muhammad Sukri, MM serta seluruh jajaran petugas bandara dan warga setempat.

Pelaksanaan shalat Idul Adha ini dipimpin langsung oleh Ismail, SPD, sedangkan khatibnya Iswandi, SPD. Dalam khutbahnya kali ini, khatib menyampaikan ada 5 pelajaran yang masih bisa dipetik dan dapat diambil hikmahnya, adalah sebagai berikut :

1. Belajar untuk ikhlas, yaitu kurban untuk melatih diri agar berbuat baik dan perhatian terhadap lingkungan sekitarnya, dengan merelakan harta disumbangkan kepada orang lain, yang bertujuan ridho dari Allah.

2. Belajar mengikuti tuntunan nabi Muhammad SAW, misalnya hewan yang dikurbankan harus memenuhi syarat, tidak cacat, tidak buta, tidak sakit atau sangat kurus dan lain-lain.

3. Belajar melatih diri bersedekah, karena sejarah sepanjang masa belum ada orang yang berkurban dan berhaji usahanya bangkrut.

4. Belajar untuk meninggalkan larangannya.

5. Belajar untuk rajin berzikir.

Itulah salah satu makna dari hari raya Idul Adha yang wajib dilaksanakan guna untuk menggapai ridho Allah untuk menuju kehidupan yang Lil’ Amin. (Mulyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *