Aksi 212 Gerakan Sosial Yang Fenomenal

0
95

Jakarta ,BornenoneTv ,Berkumpulnya masyarakat pada tgl 2 Desember 2017 di Jakarta dapat digolongkan sebagai GERAKAN SOSIAL YANG FENOMENAL.Paling tidak ada beberapa alasannya :. Dari sisi jumlah,. Peserta yang hadir, Toleransi,dampak perbaikan sosial ekonomi, politik.

Kebanyakan mobilisasi massa biasanya  dapat dilakukan dengan  memberikan uang tranpor atau uang makan, bahkan juga uang saku oleh Panitia Penyelenggara kepada peserta, maka kegiatan 212 dilakukan mustahil dibiayai semua oleh Panitia Penyelenggara. Sebab dengang jumlah hadirin di atas 7.000.000an orang, maka Panitia Penyelenggara pasti perlu menyediakan anggaran Triliyunan Rupiah. Dan ini mustahil,ungkap masrizal munap salah.seeroang peserta aksi 212  Apalagi sebagai saksi dan sekaligus  peserta aksi  212 saya berangkat dengaan biaya sendiri.,” begitu jawaban peserta lainnya sama seperti yng diungkap kan oleh masrizal munaf kami  hadir aksi 212 ini degnan biaya sendiri ,tiidak ada yang mermbiayai .

Dari  7 jutaan peserta yang  hadir tidak hanya dihadiri oleh satu agama apalagi satu etnis suku bangsa yang  ada di Indonesia,. Begitu juga dari strata social

Dari sisi agama, peserta yang  hadir ada dari Non Islam dan Islam sebagai peserta paling banyak. Sedangkan dari suku bangsa sangat beragam. Dapat dikatakan hampir mewakili semua suku bangsa yang ada di Indonesia. Sedangkan dari strata sosisal aksi 212  dihadiri mulai dari  rakyat biasa sampai kepada Pejabat Negara.

Dari Aksi 212 yang berlansung sabtu pagi di halaman monas Jakarta    mengambarkan  arti toleransi yang utuh dan menyeluruh. Toleransi tersebut  diwujudkan bukan hanya terhadap kebhinnekaan dalam etnis tapi juga agama dan aset property bangsa.

Perlu mendapat  catatan tersendirim di hari yang sama di gereja Katedral ada pernikahan sepasang pengantin. Meskipun massa ‘Menyemut’ tapi tidak menghalangi lalu lintas penganten dan rombongan menuju gereja tersebut . Bahkan dibantu oleh peserta aksi agar perjalanan pengantin dan rombongan menjadi mudah.

Sedangkan toleransi dalam hal Property bangsa adalah terjaganya taman, hamparan rumput dan aset lainnya dengan  baik, tak  satupun yang  rusak bahkan sampahpun tertangani dengan baik. Sehingga tempat aksi kembali bersih 1-2 jam setelah aksi dinyatakan selesai.(lIF )

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here