Badai Cempaka Hantam Kota Pontianak

Pontianak,BorneoneTv ,Angin kencang melanda Kota Pontianak dan sekitarnya, pada Senin (4/12) sejak pukul 11.30 WIB. Tak ayal beberapa pohon tumbang dan beberapa bangunan mengalami kerusakan.Berdasarkan pantauan  di area Sungai Raya Dalam, angin tampak meniupkan material-material debu.

Sementara di kawasan Komplek Pontianak Mall, Jalan Gusti Lelanang. Sebuah pohon tumbang diterpa angin.Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Supadio, Dasmian Sulfiani mengatakan, bahwa potensi hujan disertai guntur dan angin kencang masih akan terjadi dalam satu atau dua jam ke depan.

“Untuk satu atau dua jam ke depan, masih ada potensi hujannya. Jadi juga sudah terdengar suara guntur ya di sini. Diperkirakan juga untuk di Pontianak, di Supadio aja hujannya ada berpotensi disertai guntur juga, awannya juga cukup besar, jadi ada potensi disertai angin kencangnya juga,” ujarnya.

Tiupan angin kencang tidak hanya terjadi di Kota Pontianak, Senin (4/12) Namun juga terjadi di enam lokasi di kabupaten/kota di Kalbar. Diperkirakan, angin kencang ini disertai hujan dengan intensitas deras dan petir. Prakirawan BMKG Kalimantan Barat, Sutikno menerangkan daerah tersebut yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai deras disertai kilat atau guntur petir dan angin kencang itu, terjadi di sebagian wilayah Kota Pontianak dan Singkawang, serta Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara, Mempawah dan Bengkayang.“Bahkan diprediksi meluas hingga Kabupaten Ketapang dan Sambas,” ujar Sutikno.

Dia menjelaskan, cukup kuatnya suhu udara beberapa hari terakhir dan kurangnya hujan beberapa hari terakhir, menyebabkan proses labilitas udara cukup kuat di pesisir barat Kalbar. Sehingga menyebabkan fenomena angin kencang dan hujan ringan hingga lebat.Pergerakan awan ini juga diperkirakan akan bisa meluas ke wilayah Kalbar lainnya seperti Kabupaten Landak, Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Sintang, Melawi hingga Kapuas hulu. (lam )

(Visited 106 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here