Afganistan dan Vietnam Penghuni Terbesar di Rudenim Pontianak

Kubu Raya,Borneonetv  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Barat  Rumah Detensi Imigrasi  menggelar konferensi pers akhir tahun terkait kinerja dan hasil capaian sepanjang tahun 2017  bertempat di aula kantor Rudenim Pontianak , Selasa(19/12) pagi.

Dari hasil rekap laporan pihak Rudenim Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalbar  terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2017 terdapat 2207 orang pencari suaka  pengungsi dan imigrator  yang berasal dari negara Afganistan , Myanmar  ,Pakistan ,Thailand , Vietnam,RRT dan Taiwan.

Kepala Rudenim Pontianak  Agustianur mengatakan ,” tidak ada permasalahan yang menonjol terkait pelaksanaan tugas di Rudenim Pontianak , semua bisa diatasi dengan baik dan maksimal . Namun kendala yang mendasar hingga saat ini adalah lahan Rudenim Pontianak hingga saat ini statusnya masih pinjam pakai dari pemerintah provinsi  dengan durasi perdua tahun.

Agus menambahkan sebagai tindak lanjut peraturan presiden nomor 125 tahun 2016  tentang penanganan pengungsi dari luar negeri , Rudenim Pontianak akan berkoordinasi dengan Pemerintah kabupaten Kubu Raya , untuk bersinergi dalam penerapan peraturan tersebut .

sementara itu untuk koordinasi dalam penanganan penghuni  Rudenim Pontianak memiliki stake holder yang yang ikut mebantu diantaranya ,  UNHCR, IOM , PSDKP dan sejumlah otoritas terkait lainnya.(tim )

 

(Visited 14 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here