Bhabinkamtibmas Bantu Bedah Rumah Warga Binaannya Di Putussibau Selatan Kapuas Hulu

0
22
foto Angor bersam warga gotong rypng bedah rumah

Kapuas Hulu ,Borneonetv- Bhabinkamtibmas Polsek Putussibau Selatan, Polres Kapuas Hulu Brigadir Muchtarudin membantu bedah rumah warga binaannya Ibu Utin Jahara (55) seorang janda, yang bermukim di Dusun Lunsara, Desa Suka Maju, Sabtu (6/1/2017).

Dengan bangunan rumah seadanya yang berukuran 4×9 meter ibu Utin tinggal bersama anak dan menantu serta cucunya yang masih berusia 3 tahun.”Rumah ini dibangun sejak tahun 2003 dan belum pernah direnovasi hingga sekarang dengan bahan kayu dan atap seng bekas PT. Benua indah sekitar 10 keping dan sisanya untuk mencukupinya merupakan pemberian dari tetangga sekitar rumah karena saat itu saya hidup tanpa suami”, ucap Ibu Utin Jahara.

Tambah Ibu Utin, saya sangat berterima kasih kepada pihak desa dan Bhabinkamtibmas telah membantu kami dengan telah mengganti atap rumah saya karena apabila hujan atap bocor sehingga basah di dalam rumah dan jika hujan malam hari terpaksa saya bersama anak dan cucu tidak bisa tidur karena tempat tidur basah, terkadang harus mengungsi kepada tetangga sebelah rumah, apalagi belakangan cuaca cenderung buruk, ungkap Ibu Utin.Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Suka Maju Bapak ADAM menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan program yang anggarkan dari Dana Desa Suka Maju T.A 2018, ujar Kades Suka Maju Bapak Adam.

Adapun tujuan Program tersebut agar warga kami hidup layak dan terjaga kesehatannya, sebelumnya kami melakukan survei dan hasil survei dilapangan terdapat 10 buah rumah tidak layak huni di Dusun Lunsara yaitu di Rt. 01 sebanyak 3 buah rumah, di Rt 02 sebanyak 1 buah rumah, di Rt 03 sebanyak 2 buah rumah dan di Rt 04 sebanyak 2 buah rumah. Sedangkan di Dusun Pulau Sayat yaitu di Rt. 01 sebanyak 1 buah rumah dan di  Rt 02 sebanyak 1 buah rumah, kemudian terhadap para pemilik rumah kami undang untuk memberikan sosialisasi terkait program ini dan dari para pemilik rumah menyetujuinya, dan untuk hari ini Sabtu (6-01-2018) rumah yang pertama kali kami bangun yaitu milik Ibu Utin Jahara, jelas Bapak Adam.

Selain itu, saya selaku Kades Suka Maju sangat berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas Desa Suka Maju Brigadir Muchtarudin yang sudah sangat peduli terhadap warga Desa Suka Maju yang mana beberapa waktu yang lalu Brigadir Muchtarudin sudah menyumbangkan Buku Iqra kepada TPQ Al-Munir dan pada hari ini dia juga hadir ditengah-tengah kita untuk berpartisipasi menyumbangkan pikiran dan tenaganya bersama warga Suka Maju gotong royong bedah rumah ini sehingga berjalan dengan sukses, tambah Kepala Desa Suka Maju Bapak Adam.

Disamping tugas pokok kami sebagai Bhabinkamtibmas, Ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat dengan harapan keberadaan kami ditengah-tengah masyarakat dapat berguna bagi masyarakat khususnya warga Desa Suka Maju yang merupakan Desa binaan saya, contohnya pada hari ini Sabtu (6-01-2018) dimulai dari pukul 08.00 wib, saya bersama Kepala Desa Suka Maju (Sdr. Adam) dan beberapa orang warga Lunsara gotong royong mengganti atap rumah Ibu Utin Jahara yang sudah tidak layak pakai, apabila hujan atapnya bocor tembus kedalam rumah sehingga didalam rumah bocor dan jika hujannya malam hari terpaksa Ibu Utin Jahara bersama salah seorang anak perempuan dan seorang cucunya harus tidak tidur dan hanya duduk saja ditempat yang kering terkadang harus mengungsi kepada tetangga, ujar Brigadir Muchtarudin.

Ditemui ditempat terpisah Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan mengapresiasi kinerja anggotanya tersebut dan akan terus meningkatkan kinerja para Bhabinkamtibmas khususnya karena langsung bersentuhan langsung dengan warga binaannya, tidak hanya dibidang sosial tetapi juga dibidang lain seperti ekonomi, budaya, agama serta yang paling utama adalah dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat, ungkap Ipda Cahya Purnawan.( HI-mul )

 

 

(Visited 66 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here