Posmat TNI-AL Sosialisasi Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

Kayong Utara,Borneonetv . Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Teluk Melano Lantamal XII Pontianak melaksanakan sosialisasi kepada para nelayan tentang alat tangkap ikan yang ramah lingkungan kepada nelayan desa Rantau Panjang, bertempat di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) KKU, Senin (22’1).

Pelaksanaan sosialisasi bekerja sama dengan DKP KKU dan untuk kriteria alat ikan yang ramah lingkungan yang disosialisasikan yaitu memiliki selektifitas tinggi, tidak merusak lingkungan, tidak membahayakan lingkungan, hasil tangkapan berkualitas tinggi, produk tidak membahayakan konsumen, memberikan dampak rendah terhadap lingkungan, tidak menangkap ikan spesies tertentu dan diterima secara sosial.

Harapan dari kegiatan tersebut agar nelayan khususnya nelayan desa Rantau Panjang bisa lebih mengerti dan memahami tentang kelestarian sumber daya ikan dan bisa mengaplikasikan alat tangkap yang ramah terhadap lingkungan sekaligus bertanggung jawab pada keberlangsungan sumber daya ikan khususnya diperairan Teluk Melano.

Selain melaksanakan Sosialisasi Posmat Teluk melano juga rutin melaksanakan  patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan dan mengantisipasi masuknya narkoba lewat jalur laut sekaligus penertiban surat-surat kapal dan juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping seperti Tim Search And Rescue (SAR).

Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Teluik Melano Kalimantan Barat. (LAY).

(Visited 30 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here