Posal Ketapang Lantamal Himbau Nelayan Waspada

Ketapang ,Borneonetv .Pos TNI AL (Posal) Ketapang Lantamal XII Pontianak melaksanakan himbauan kepada Nelayan tradisional setempat agar selalu waspada terhadap cuaca buruk akhir-akhir ini, himbauan dilaksanakan langsung di Dermaga Pos TNI AL (Posal) Ketapang, Rabu (24/1) kemaren .

Himbauan langsung diberikan oleh Komandan Pos TNI AL Ketapang Letda Laut (P) Asep Supiana kepada para nelayan yang akan melaut untuk mencari ikan.

“Nelayan di Ketapang diminta mewaspadai cuaca ekstrem dan menunda aktivitas melaut, mengingat tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah tersebut beberapa hari terakhir, potensi hujan masih akan tinggi di wilayah Ketapang dalam beberapa hari ke depan dan berdampak gelombang tinggi,” ingat Letda (P) Asep Supiana.

Dikatakannya, mayoritas profesi dari warga pesisir Ketapang merupakan nelayan yang mencari ikan di lautan lepas. Penting untuk mereka mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menjaga keselamatan diri saat berada di atas laut.

Keselamatan penumpang dan awak kapal merupakan prioritas utama dalam berlayar dilaut. Diperlukan skill, pengetahuan dan alat – alat keselamatan yang layak untuk bisa menghindari kecelakaan dilaut dan juga bertahan hidup saat terjadi kecelakaan kapal.

“Saya menghimbau, sebelum melaut, untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan mantap. Jangan sampai ada yang kurang dan tidak dibawa. Yang terpenting jangan lupa mengenakan life jacket. Nelayan sangatlah rentan mengalami kecelakaan di laut atau laka laut. Apalagi jika cuaca buruk sedang melanda di lautan. Ombak tinggi dan angin kencang akan memperbesar resiko nelayan mengalami laka laut. Namun dengan mengerti tentang keselamatan dalam berlayar secara benar maka kecelakaan laut dapat diminimalisir,” imbuhnya. (LAY).

(Visited 34 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here