Proses Pendewasaan Demokrasi Sedang Berlangsung

Kubu Raya-BorneoneTV. Pangdam XII/TPR,  Mayjen TNI Achmad Supriyadi mengatakan, kehidupan demokrasi telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan  menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi.
“Kita telah melihat proses pendewasaan demokrasi yang sedang berlangsung, dimulai dari tahap transisi demokrasi, dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi. Melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam  kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap pemantapan demokrasi,” kata Achamd Supriyadi, Kamis (8/2), saat menjadi Irup Apel Gelar Pasukan TNI, Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Wilayah Kodam XII/Tanjungpura di Halaman Upacara Makodam XII/TPR.

Dikatakannya, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat ditandai dengan akuntabilitas pemerintah, tegaknya supremasi hukum, kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik, kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta terselenggarannya Pilkada yang aman dan demokratis.

“Mengingat arti penting dan strategisnya Pilkada bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka dengan segala sumber daya yang ada untuk selalu bekerja sama yang sinergis dengan semua komponen lainnya, agar pesta demokrasi Pilkadas serentak tahun 2018 dapat berjalan aman, jujur, adil dan demokratis,” pintanya.

Pangdam  juga meminta dan perlu dicermati bersama, pada pelaksanaan Pilkada tidak menutup kemungkinan terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini.
“Berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan Pilkada berupa pelanggaran tindak pidana pilkada, termasuk tindak pidana umum, yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh pihak terkait secara profesional, transparan dan akuntabel,” ingatnya.

Dijelaskannya, dalam rangka menjamin stabilitas keamanan selama berlangsungnya Pilkada, agar mengedepankan kegiatan preventif, yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum dalam rangka mengamankan setiap inti tahapan Pilkada dalam rangka memberikan perkuatan kepada Polri.

Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan Pilkada, saya perintahkan kepada seluruh peserta apel kesiapan, untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pilkada dengan sebaik-baiknya. Selalu berupaya mewujudkan terciptanya situasi yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pilkada, serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai dengan hati nuraninya.

“Marilah kita jadikan kegiatan ini untuk memantapkan tekad dan komitmen dalam rangka mengawal dan mengamankan serta menyukseskan Pilkada tahun 2018, sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya. (lay).

 

(Visited 38 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here