Motivasi Pemuda Berkarya Untuk Negeri

Sambas,Borneonetv ,Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah SH MH mengapresiasi penutupan pendidikan pertama Bintara TNI Angkatan Darat Tahun Ajaran 2017 di Resimun Induk Kodam XII Tanjung Pura, Kamis (15/2). Kata dia itu merupakan bagian putra daerah mengambil kesempatan berbuat untuk negeri.
Dijelaskan Hairiah, menjadi seorang prajurit TNI adalah tugas mulia. Selain sebagai tentara pejuang, Wabup juga meminta prajurit Bintara tersebut mampu memposisikan menjadi tentara rakyat dan tentara nasional Indonesia.
“Pemerintah Daerah dan negeri ini mengharapkan apa yang telah didapat dari dunia pendidikan pertama ini dapat diimplementasikan,” ujar dia. Terutama pinta Hairiah terkait nilai-nilai intergritas maupun skill atau keterampilan yang didapat selama masa pendidikan kebintaraan.
Sumpah janji yang telah diikrarkan usai penutupan pendidikan tegas Hairiah harus diwujudkan. Menurut dia, pendidikan kebintaraan bagi prajurit TNI adalah bagian moment bersejarah. “Pemerintah Daerah, Negara dan rakyat ini juga sangat mengharapkan hadirnya prajurit-prajurit yang humanis, mampu membawa bangsa ini kearah kemajuan dan dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa,” harapan Wabup.
Hairiah mengingatkan, agar prajurit konsisten dengan tugas pokok, fungsi dan amanah yang diemban. Dia berpesan, agar menempatkan Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan hidup. Selain itu, prioritas utama lainnya adalah berbuat untuk NKRI, Negara, Rakyat dan tidak lepas tanggung jawab kepada Korps. “Sebagai prajurit, pastinya diinginkan lahir prajurit-prajurit yang setia pada Pancasila, Undang-undang Dasar, aturan dan disiplin yang berlaku serta sumpah janji sebagai Prajurit TNI,” tutur dia.
Harapan Wabup kepada pemuda-pemudi kabupaten sambas juga bisa berkontribusi bagi negeri ini. Dengan kreatifitas dan inovasi positif menghadirkan ide-ide terbaik bagi pembangunan bangsa dan daerah. “Sebagai pemuda pemudi perbatasan, peluang untuk bergabung dalam satuan-satuan baik TNI maupun Polri terbuka lebar. Saya mengharapkan peluang emas ini dimanfaatkan dengan baik pemuda-pemudi kita untuk bisa mengabdi lebih kepada negara,” pesan dia.
Wabup juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berbuat nyata untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, menjaga keamanan wilayah perbatasan, termasuk yang dilakukan prajurit-prajurit TNI. Pada penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD tahun ajaran 2017, Panglima Kodam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Achmad Supriyadi meminta semua prajurit TNI terutama yang berada dibawah Kodam XII Tanjung Pura memberikan perhatian khusus terhadap nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan untuk pegangan hidup.
“Pendidikan pertama ini sangat penting untuk membentuk prajurit yang berintegritas, kuat dan disiplin. Dan untuk menjadi bekal bagi pendidikan mereka selanjutnya,” ujar Pangdam saat menyampaikan pidatonya sebagai Inspektur Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD Tahun Ajaran 2017. Pendidikan Pertama Bintara itu diikuti 160 Siswa TNI AD. Penutupan Diktaba tersebut dirangkai dengan beragam atraksi yang ditunjukkan para siswa yang telah lulus mengikuti pendidikan. Mulai peragaan mengenali persenjataan, seni bela diri, aktifitas menjaga kebugaran dan simulasi penanganan penyanderaan oleh TNI AD.

(Visited 20 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here