Perayaan Malam Imlek Berjalan Kondusif,Bukti Kerukunan Umat Beragama Sangat Tinggi

0
25

Mempawah – Borneonetv, Perayaan malam Imlek 2569, Kamis (15/2/2018) malam yang dipusatkan di kelenteng Tri Dharma Bakti Sungai Pinyuh berlangsung meriah. Kegiatan yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti petasan dan kembang api. Penonton di sekitar lokasi juga turut berdendang, menikmati hiburan tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Ribuan warga juga antusias mengikuti jalannya rangkaian acara malam Imlek. Mulai dari anak-anak hingga orang tua terlihat meramaikan lokasi kegiatan. Sejak acara dimulai, mereka berduyun-duyun mendatangi kelenteng Tri Dharma Bakti, baik menggunakamn sepeda motor maupun berjalan kaki.

Tak hanya dari kalangan Tionghoa, namun masyarakat lainnya juga banyak yang berdatangan untuk menyaksikan momen setahun sekali tersebut. Moment keramaian tersebut juga dimanfaatkan pedagang kaki lima untuk menggelar dagangannya. Mereka memanfaatkan moment keramaian tersebut untuk mencari sedekit rezeki.

Namun semua situasi terkendali, karena aparat keamanan baik kepolisian, TNI, sampai Dinas Perhubungan terlihat di sekitar lokasi. Mereka mengatur arus lalu lintas sehingga tidak membuat kemacetan.

Salah satu anggota Kepolisian yang siap siaga menertibkan jalan saat ditemui, Aiptu Imran, mengatakan penyelenggaraan malam Imlek tersebut merupakan bukti bahwa kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Mempawah, khususnya di Sungai Pinyuh sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan kondisi yang tercipta sangat kondusif. Dimana walaupun terjadi keramaian, namun tidak ada permasalahan yang ditemukan.

“Dalam penyelenggaraan Imlek, tetap dijaga kerukunan antar umat. Ciptakan kondisi tentram, tertib, aman. Karena perayaan ini yang menikmatinya bukan hanya untuk satu golongan, namun dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Kalau ada apa-apa serahkan ke aparat keamanan. Saya harap sampai Cap Go Meh kondisi dapat kondusif seperti saat ini,” harap dia.

Perayaan malam Imlek saat memasuki puncak acara, dimana tepat pukul 00.00 WIB, warga tionghoa menyalakan kembang api, membuat suasana semakin meriah dan ribuan masyarakat pun ingin menyaksikan secara dekat disaat pesta kembang api tersebut. (yanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here