Tindak Tegas Pembakar Lahan

Mempawah – Borneonetv, Plt Bupati Mempawah, Gusti Ramlana meminta aparat penegak hukum menindak tegas para oknum pembakar lahan yang dapat menyebabkan pencemaran udara, serta merugikan masyarakat ramai.
“Oknum pembakar lahan harus ditindaktegas. Hal ini dimaksudkan agar ada efek jera mengingat masalah kebakaran lahan berikut eksesnya telah menjadi persoalan klasik tiap tahunnya. Maka kita minta aparat berwenang, kepolisian jika ada oknum warga yang dengan sengaja membakar lahan agar diindak tegas, supaya ada efek jera. Selain mencemarkan udara, api di lahan yang terbakar juga dapat menjalar ke permukiman penduduk,” katanya.
Mengingat seriusnya dampak dari pembakaran lahan ini, Gusti Ramlana juga meminta peran aktif seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah, melakukan sosialisasi larangan membakar lahan kepada keluarga, kerabat, dan lingkungan masyarakat terdekat. Begitu pula pengurus RT dan RW, Gusti Ramlana meminta agar proaktif mengingatkan warga untuk tidak membakar lahan.
“Sebagai pegawai negeri, pengurus RT, maupun RW, mari imbau masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan. Terlebih di lahan gambut. Saya juga minta pengurus RT, maupun RW untuk melaporkan jika mendapati ada perusahaan-perusahaan di wilayahnya yang membuka kebun dengan cara membakar. Nanti laporan itu akan langsung kami tindak lanjuti. Langkah tegas ini harus kita lakukan supaya ada efek jera,” tuturnya. (yanto)
(Visited 28 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here