WHW Peringati K3

0
12

Ketapang-BorneoneTV. Untuk memperingati Bulan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), yang dilaksanakan 12 Januari sampai 12 Februari 2018, PT Well Harvest Winning (WHW) Alumina Refinery menyelenggarakan sejumlah kegiatan, mulai dari upacara bendera, kompetisi cerdas cermat hingga melaksanakan seminar terkait sistem manajemen keselamatan pertambangan (SMKP).

“Dalam rangka Bulan K3 ini, kami dari WHW melaksanakan upacara atau apel bendera Bulan K3 Nasional, sesuai dengan arahan baik dari Kementerian ESDM maupun Kementerian Ketenagakerjaan,” ujar Manager Safety and Technology WHW, Eko saat ditemui di Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Senin (19/2).

Eko mengatakan, selain itu ada juga beberapa kegiatan lainnya untuk mendukung Bulan K3 Nasional, diantaranya yaitu kampanye dalam bentuk pemasangan spanduk mengenai K3, lomba penanggulangan kebakaran, kompetisi cerdas cermat K3, lomba design spanduk, penandatanganan spanduk komitmen keselamatan, dan seminar terkait SMKP.

“Tujuan dari kegiatan ini selain untuk mensukseskan program kerja pemerintah yang sudah diterapkan dan juga bagian dari rencana 5 tahun pemerintah kita untuk menciptakan budaya sadar selamat dalam bekerja, tentunya sekaligus mengukur dan mengevaluasi keterampilan karyawan dalam bentuk kompetisi pengetahuan dan wawasannya terhadap aspek-aspek keselamatan kerja. Jadi ini juga nanti bisa menjadi tolak ukur untuk evaluasi supaya tahu apa lagi yang bisa kita lakukan,” kata Eko.

Terkait program K3 di WHW, Eko mengatakan, sejak dimulainya produksi, PT WHW terus mengutamakan keselamatan dan keamanan para karyawan. Untuk itu, WHW  memiliki program internal mengenai K3 seperti identifikasi bahaya dan peningkatakan kompetisi karyawan.

“Semua karyawan memang belum seluruhnya, tetapi program K3 ini akan terus kami tingkatkan, salah satunya melalui seminar SMKP ini yang merupakan seminar sekaligus sosialisasi dari tim ESDM ke pimpinan dan penanggung jawab operasional yang ada di WHW, seminar ini berisikan item-item pelaksanaan yang harus dipenuhi oleh perusahaan terkait sistem manajemen keselamatan pertambangan (SMKP),” kata Eko.

Sementara itu, Direktur PT WHW AR Stevi mengatakan, Bulan K3 ini merupakan program pemerintah yang harus didukung sepenuhnya. Menurutnya, keselamatan dan keamanan menjadi faktor utama ketika melaksanakan aktivitas di lingkungan kerja.

“WHW akan terus meningkatkan kegiatan K3 sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pemerintah. Karena selain untuk mendukung program pemerintah, K3 sangat penting dalam proses produksi yang kami lakukan selama ini,” kata Stevi.(raden)

(Visited 84 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here