Server Rusak Pemohon Paspor Disarankan Ke Singkawang

foto (Kasi) (Lalintuskim) kantor Imigrasi Sambas, Ari Widodo

Sambas,BorneoneTV,Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Status Kimigrasian (Lalintuskim) kantor Imigrasi Sambas, Ari Widodo mengungkapkan Kantor Imigrasi Sambas terpaksa tidak bisa mengeluarkan paspor sejak tiga hari terakhir. Dikatakan terhambatnya pelayanan paspor di kantor Imigrasi Sambas akibat server yang terkoneksi dengan Imigrasi di Jakarta mengalami kerusakan.
Ari menyebutkan pelayanan kepada masyarakat tetap dibuka seperti biasa, namun tidak tidak bisa untuk mengeluarkan paspor.”Pendaftaran oleh masyarakat yang ingin membuat paspor tetap dilayani, akan tetapi tidak bisa langsung mencetak buku paspor akibat server mengalami gangguan,” ujar Ari Widodo, Jumat (23/2).
Diungkapkan awal timbulnya kerusakan terhadap server tersebut, ketika aliran listrik terputus pada Rabu pagi lalu.
“Ketika itu mati lampu, pada saat aliran listrik sudah ada server tidak dapat di gunakan,” katanya.
Akibatnya menurutnya, pelayanan pembuatan paspor untuk sementara tidak dapat dilakukan.
Dikatakannya, pihaknya sudah memberitahukan kerusakan server tersebut kepada divisi yang membidangi hal tersebut di Jakarta.
“Untuk sementara sudah dikomunikasikan, sekarang lagi ditindaklanjuti, sedang diperbaiki,” ucapnya.
Namun lanjutnya, belum bisa dipastikan hingga kapan perbaikan server tersebut.
“Untuk kepastian masih belum bisa di pastikan, namun demikian kita tetap berupaya,” sebutnya.
Ari mengemukakan, sebelumnya pada awal tahun 2017 lalu. Kerusakan server juga pernah di alami oleh kantor Imigrasi Sambas.
“Ketika itu, untuk memperbaiki kerusakan terhadap server tersebut diperlukan dua minggu untuk perbaikan server,” katanya.
Atas pelayanan tersebut Ari meminta masyarakat agar bersabar, ia menambahkan untuk keperluan paspor yang bersifat mendesak dirinya menyarankan untuk bisa kekantor imigrasi lain yang terdekat.
“Imigrasi Singkawang merupakan Kantor Imigrasi yang terdekat, jadi masyarakat kabupaten Sambas bisa mendapatkan pelayanan permohonan paspor disana.
Bisa juga daftar via online ke kantor Imigrasi Singkawang,” katanya.
Dikatakan oleh Ari, untuk mengetahui kondisi terkini Imigrasi Sambas. Ia mengungkapkan dapat menghubungi nomor informasi, dengan nomor 081258597723.
“Nomor HP tersebut untuk mengetahui informasi, dan layanan pengaduan, bisa melalui SMS dan telepon,” katanya.
Kembali diungkapkan oleh Ari Widodo, pelayanan paspor dalam kondisi normal Imigrasi Sambas dapat mengeluarkan kurang lebih 80 paspor setiap hari.
“Rata-rata 80 buku paspor kurang lebih perhari, dari jumlah tersebut lebih didominasi oleh pemohon untuk umroh. Sedangkan selebihnya untuk wisata, ada juga masyarakat yang membuat paspor untuk berobat ke Kuching Sarawak Malaysia. Jika dipersentasikan 50 persen dari jumlah tersebut untuk melakukan ibadah umroh,” jelas Ari. (Ira)

 

(Visited 97 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here