Distribusi Pupuk Tidak Ada Kendala

0
19

Sekadau-BorneoneTV. Pendistribusian pupuk subsidi wilayah Kecamatan Sekadau Hulu, dinilai penyalur agen resmi setempat tidak ada kendala yang dialami di lapangan. Bahkan sudah sesusi jatah yang diperoleh sesuai dengan ajuan RDKK kelompok tani binaanya.

“Selama ini tidak ada permasalahan dan kendala dalam pendistribusian pupuk khususnya bagi petani padi diwilayah binaan kami. Karena jatah pupuk yang diperoleh sesuai dengan ajuan RDKK kelompok tani binaan kita,” kata Gunawan, pemilik Toko Sinar Tani, yang merupakan perpanjangan tangan dari distributor pupuk bersubsidiĀ  di jalan Raya Rawak-Nanga Taman, Desa Rawak, Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau.

Sebagai pengecer pupuk yang ditunjuk oleh pihak distributur ini mengungkapkan, ada beberapa kelompok tani dibeberapa desa yang dibina seperti, desa Rawak Hulu, Rawak Hilir dan Sekonau yang bernaung dibawah kios pupuk miliknya.
“Kita utamakan pendistribusiannya untuk pemupukan tanaman padi sesuai aturan 80 persen harus digunakan ketanaman pangan dan 20 persennya keperkebunan milik petani, “ugkapnya.
Bahkan katanya, di tahun ini 2017 ada peningkatan kouta yang didapat dari tahun sebelumnya yakni, sebanyak 80 sampai 100 ton sesuai dengan pengajuan RDKK yang diajukan oleh kelompok tani, terpenuhi semua.
Sebagai pengecer dirinya menjual pupuk subsidi ke kelompok tani sesuai dengan harga HET yang ditetapkan oleh pemerintah yakni, pupuk poska Rp.115.000 perkarungnya, sp36 Rp.100.000 perkarung, ZA Rp.70.000 perkarung dan organik Rp.20.000 perkarungnya.

“Harapan saya kepada pemerintah agar dapat menambah jumlah kouta pupuknya, karena semakin tinggi permintaan akan pupuk subsidi terutama untuk kebutuhan tanaman sawit. Dengan banyaknya kebun sawit, petani sawitnya juga semakin banyak dan kebutuhan pupuknya juga semakin bertambah, ” harsp Gunawan. (boy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here