Danyonif 643 Gelar Kontes Burung se-Kalbar

Mempawah , Borneonetv. Danyonif 643 Anjungan menggelar Pameran dan Kontes Burung Berkicau se Kalimantan Barat memperebutkan Danyonif 643 Cup 2. Kontes yang berlangsung di Halaman asrama Markas Yonif 643/Wns Moton Tinggi Anjungan, Minggu (25/3/2018), diikuti ratusan pecinta burung dari sejumlah daerah di Kalimantan Barat.

Komandan Yonif 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, saat membuka kegiatan tersebut, menilai positif kontes burung berkicau yang digelar Danyonif 643 Cup 2 ini, karena salah satu upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan, terutama ekosistem burung.

“Dengan adanya kegiatan ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan dengan masyarakat khususnya para pecinta burung berkicau. Event ini juga diharapkan meningkatkan silaturrahmi sesama pecinta burung dan terjalin hubungan yang baik. Bagi masing-masing peserta harus menjaga sportifitas dan mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh panitia. Bahkan saya berharap kontes burung berkicau ini bisa menjadi event wisata di Kabupaten Mempawah,” ungkapnya.

Menurut Ketua Panitia, Ajong mengatakan, pelaksanaan kontes burung berkicau tersebut sebagai bentuk pelestarian tradisi sekaligus ajang berkumpulnya para komunitas pecinta burung yang tersebar di sejumlah daerah di Kalimantan Barat.

“Saya berharap kontes burung ini semakin mempererat jalinan silahturahmi antara pecinta burung, baik yang berasal dari Kabupaten Mempawah, maupun daerah lainnya. Yang terpenting bukan burung siapa yang menang atau kalah, tapi kebersamaan dan silahturahim yang perlu kita tingkatkan,” ujar Ajong.

Selain itu, Ajong melaporkan, kontes burung berkicau yang diikuti para pecinta burung dibagi dalam 23 kelas. Terdiri dari burung cucak rowo, kenari open A, pleci open A, kacer A, murai batu open A, cucak hijau A, love bird A, cucak jenggot open A, pleci borneo, srindit A, love bird paud, kacer B, murai batu open B, pleci open B, cucak hijau B, kenari open B, love bird B, srindit B, cucak jenggot open B, campuran besar kecil, cucak hijau C, murai batu open C, kacer C.

“Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat beserta para sponsor lainnya, sehingga pameran dan kontes burung berkicau dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Selain menyediakan tropi bagi para pemenang kontes burung berkicau, panitia juga menyediakan doorprize bagi peserta berupa 1 unit sepeda motor, 1 unit sepeda gunung, mesin cuci, kipas angin, dvd player, jam dinding, serta sejumlah hadiah menarik lainnya. Kontes burung berkicau ini disambut antusias masyarakat. Ini terbukti dengan tingginya animo masyarakat yang menyaksikan pameran burung berkicau. Tak hanya itu, Halaman asrama Markas Yonif 643/Wns yang menjadi arena kontes terdengar semarak dengan kicauan merdu ratusan burung secara silih berganti. (yanto)

(Visited 105 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here