Balai POM Pontianak Uji Lab Ikan Sarden

oleh -5 views
Petugas Balai POM dan Karantina Hewan saat melakukan pemeriksaan terhadap makanan kemasan kaleng yang ada di salah satu gudang milik importir di kawasan Sui Raya Dalam. Foto: ist

Pontianak, BorneoneTV. Balai POM Pontianak melakukan uji lab terhadap ikan sarden yang dipasok oleh para importir ke Kalbar.

Tindakan ini dilakukan pascaditemukannya sejumlah ikan sarden merek Farmerjack, IO, dan Hoki dari China yang mengandung cacing di Pulau Jawa.

“Semua makanan kaleng jenis ikan kami bawa untuk diperiksa di lab. Untuk mengetahui isinya apakah ada juga mengandung cacing atau tidak selain dari tiga merek yang ditemukan di Jawa,” kata Petugas Balai POM Pontianak, Ketut Ayu Saretini.

Disebutkan Ketut, minggu kemarin pihaknya bersama Badan Karantina Pontianak melakukan pemeriksaan terhadap gudang importir pemasok makanan kaleng ke Kalbar serta swalayan, minimarket maupun pasar tradisional.

Salah satu gudang importir yang diperiksa adalah PT Sumber Fajar Inti Abadi.

“Intruksi dari Balai POM pusat agar melakuakn pengawasan sekaligus pemeriksaan terhadap importir maupun agen untuk menarik merek-merek ikan sarden yang ditemukan mengandung cacing itu. Jika ditemukan maka akan dimusnahkan,” tegasnya.(rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *