Kalbar Ikuti Pemantapan Bansos Pangan. Mensos Tekankan Kinerja Pendamping

Jakarta, BorneoneTV. Kementerian Sosial (Kemensos) RI menggelar kegiatan Bimbingan Pemantapan Pendamping Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Tahun 2018. Acara dibuka langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham.

Kegiatan Bimbingan Pemantapan Pendamping Bantuan Sosial Pangan Wilayah II Tahun 2018 yang diadakan selama 3 hari ini di ikuti oleh oleh 289 pendamping.

Mereka berasal dari unsur supervisor Dinas Sosial dan koordinator TKS Kabupaten/Kota serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Provinsi Kalimantan Barat dan Banten.

Mensos Idrus Marham menekankan, tugas menjadi Pendamping Sosial Bantuan Pangan juga hendaknya dilandasi dengan pengabdian kepada bangsa dan perjuangan kemanusiaan serta didukung dengan kinerja dan kerja, pendamping yang terampil dan memiliki motivasi tinggi.

“Tidak hanya sekadar kerja, tetapi kerja yang memberikan nilai, nilai prestasi, nilai karya yang tentunya bermanfaat untuk semua, sehingga kita pastikan dengan perubahan ini masyarakat bisa memahami lebih cepat, bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan dan bijak membelanjakan sesuai dengan tujuan yang kita inginkan” ujar Idrus.

Andi ZA Dulung, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial menjelaskan, tujuan kegiatan bimbingan tersebut untuk memberikan penguatan kepada pendamping.

Sehingga para pendamping bisa melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Selain memberikan motivasi, Andi menyampaikan bahwa pendamping juga diberikan pelatihan pendataan.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendataan masyarakat miskin di Indonesia,” katanya

Sementara itu, Very Iska supervisor dari Dinsos PMD Kabupaten Sambas berharap Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan menjadi lebih peka akan kondisi di sekitar sehingga bantuan yang diberikan pemerintah lebih tepat sasaran.

“Kami sangat mendukung proses kegiatan bimbingan pemantapan bagi teman-teman TKSK dalam rangka mensukseskan program program rastra ini. Harapannya program ini akan lebih memberikan nuansa yang lebih baik kepada kaum dhuafa. Sehingga akan menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya. Dan kami sudah mendukung program ini dengan bukti penyaluran distribusi dari Januari sampai Maret ini sudah kami salurkan untuk 25.493 keluarga penerima manfaat dari beras rastra ini” kata Very.(adg)

(Visited 51 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here