Kasal Ingatkan Kelola Keuangan yang Berkualitas

0
75
Rakernisku I TNI AL di Gedung Mas Pardi AAL, Morokrembangan, Surabaya, dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi. Diikuti sejumlah Komandan Lantamal se Indonesia. Foto: Andika

Surabaya, BorneoneTV. Danlantamal XII Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung W. D., M.Tr (Han) menghadiri Rapat Kerja Teknis Keuangan (Rakernisku) I TNI AL di Gedung Mas Pardi AAL, Morokrembangan, Surabaya, Selasa (27/3).

Rakernisku dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi.

Kasal menyampaikan Rakernisku merupakan salah satu media untuk mengingatkan kembali pentingnya peran Kasatker tentang penyelengaraan tata kelola keuangan negara mulai tahap perencanaan hingga penyusunan laporan keuangan yang berkontribusi pada penyusunan laporan keuangan unit organisasi keuangan TNI AL.

“Kegiatan ini juga bertujuan mengetahui segala permasalahan dan hambatan khususnya pengelolahan Dipa Satker Daerah guna memperoleh solusi terbaik,” kata Laksamana TNI Ade Supandi.

Dikatakannya, pengalihan daftar isian pelaksanaan anggaran (Dipa) Satker Pusat menjadi Dipa Satker Daerah telah dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2014 s.d 2019 dengan peralihan seluruhnya menjadi Dipa Satker Daerah pada tahun anggaran 2019, maka tuntutan Kasatker selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) akan semakin berat dan penuh tantangan.

“Hal ini tentunya tidak boleh membuat kita pasif tetapi harus proaktif melaksanakan tugas dan tanggung jawab KPA yang telah ditetapkan peraturan bersama Kemhan dan Menkeu No 15 tahun 2013 dan No. 67/PMK.05/2013 tentang mekanisme tentang pembelanjaan anggaran belanja negara dilingkungan Kemhan dan TNI,” terangnya.

Lebih lanjut, sasaran Rakernisku I TNI AL adalah mewujudkan laporan UO TNI AL yang berkualitas dan memperoleh opini BPK RI dengan wajar tanpa pengecualian sekaligus meningkatkan intregritas, Sinergitas, profesionalisme dan komitmen bersama dalam pengelolahan keuangan negara.

“Saya menekankan kepada seluruh pejabat keuangan TNI AL selalu bersinergi dalam mengelolah keuangan negara dengan bertumpu pada prinsip prinsip ketertiban, ketaatan terhadap UU, Efesian, ekonomis, efektis, transparan dan akuntabel,” ujarnya.(Lay).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here