banner 120x600

Mendagri Intruksikan Sat Pol PP dan Satlinmas Siaga

Unsur Muspida Provinsi Kalbar saat menghadiri upacara HUT ke68 Sat Pol PP dan HUT ke-56 Satlinmas. Foto: Andika
banner 120x600

Pontianak, BorneoneTV. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjhajo Kumolo mengatakan, Tahun 2018, adalah tahun politik.

Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar yakni Pilkada serentak dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019.

“Peran Satpol PP dan Satlinmas menjadi penting ikut mengawalnya. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan,” kata Mendagri, Kamis (29/3) dalam sambutan yang dibacakan Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji saat menjadi Irup HUT Ke-68 Sat Pol PP dan HUT Ke-56 Satlinmas Tingkat Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Gubenrur Kalbar.

Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatannya memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga.

“Saya minta, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya,” pintanya.

Dikatakannya, sesuai aturan, Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok lainnya, kata dia, ikut membantu dalam kontek tugas sosial.

Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat.

“Saya minta, agar dari sekarang, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi,” jelasnya.

Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini.

“Oleh sebab itu saya meminta kepada gubernur agar mengkoordinasikan bupati, wali kota di daerah masing masing untuk mengambil langkah- langkah antisipasi,” ujarnya.(Lay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: