Minimnya Kesadaran Masyarakat,Jalan Pendidikan Dipenuhi Tumpukan Sampah

0
27

Mempawah ,Borneonetv. Kesadaran masyarakat membuang sampah di tempatnya, masih sangat rendah.Minimnya kesadaran masyarakat untuk lingkungan yang bersih menjadi faktor yang belum bisa dipecahkan, sampai hari ini sampah masih menumpuk di pinggiran jalan Pendidikan Sungai Pinyuh.

Mirisnya lagi, baleho berisi peringatan tidak membuang sampah yang bertulisan “Orang Bodoh Buang Sampah Sembarangan Tidak Pada tempatnya” lengkap dengan peraturan daerah dan sanksinya tak digubris pembuang sampah.

Spanduk larangan buang sampah disebar petugas keluarahan, namun tetap saja lokasi tempat baleho itu dipasang masih dipenuhi sampah. Bahkan baleho tersebut juga dipasang gambar muka binatang anjing untuk menyindir si pembuang sampah sembarangan.

Isi baleho dan gambar tersebut adalah peringatan agar tak ada lagi warga yang membuang sampah di lokasi ini.Salah seorang warga Sungai Pinyuh, Edi Gunawan alias Agun, yang melihat baleho tersebut mengaku si pembuat baleho memang kreatif.“Kata-kata balehonya memang unik dan kreatif. Biasanya orang pasang baleho seperti itu isinya peringatan keras agar tak buang sampah di sekitar lokasi. Seandainya masyarakat punya sedikit kesadaran untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan mungkin hal yang seperti ini tidak akan terjadi. Kebanyakan sampah yang di buang adalah sampah rumahan, seperti kantong plastik, botol minuman dan lainnya,” ungkapnya saat ditemui, Sabtu (31/3/2018).

Lanjutnya lagi, Agun mengatakan, betapa kreatif dan unik seperti itu pun kata-kata yang dipasang di baleho, tetap tak berkesan. Sebab sebagaimana pantauan di lapangan, kawasan sekitar baleho tetap penuh sampah yang dibuang di pinggir jalan.Berarti kesadaran masyarakat masih kurang, sudah tahu ada larangan harusnya diikuti, karena tepi jalan itu bukan tempat sampah.

Mudah-mudahan masyarakat bisa membaca baleho tersebut,” ujarnya.Lebih jauh Agun mengatakan, seharusnya masyarakat sadar sudah ada baleho itu, dan juga harus perhatian terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan.“Dampak yang ditimbulkan akibat perilaku ini sangatlah buruk, karena bisa menimbulkan penyakit,” pungkasnya. (yanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here