Pemda Tak Pernah Bantu Madrasah

0
19
Int

Kubu Raya, BorneoneTV. Kementerian Agama (Kemenag) Kubu Raya tampaknya berjalan sendiri dalam memajukan dunia pendidikan di Kubu Raya lebih khusus terhadap sekolah-sekolah madrasah.

Ternyata selama ini Pemda Kubu Raya tidak pernah sama sekali memberikan perhatian dan bantuan terhadap sekolah-sekolah madrasah baik yang berstatus negeri maupun swasta.

Mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (setara SD), Madrasah Tsanawiyah (setara SMP) hingga Madrasah Aliyah (setara SLTA).

Padahal menurut Kasi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kubu Raya, Agus Safwan dalam aturan tidak dilarang Pemda memberikan perhatian dan bantuan terhadap sekolah madrasah-madrasah tersebut.

“Saya pernah tanyakan hal ini ke anggota DPR RI dapil Kalbar, apakah boleh Pemda Kubu Raya memberikan bantuan kepada madrasah-madrasah. Beliau katakan boleh koq karena untuk peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama,” ucapnya.

Diakui Agus soal anggaran di Kemenag untuk Pendidikan memang sangat terbatas dikucurkan dari pusat. Sehingga sarana dan prasarana (sapras) sekolah madrasah belum memadai apalagi yang swasta didirikan oleh masyarakat.

“Kemenag sendiri untuk memberikan bantuan sapras anggarannya terbatas. Tahun ini hanya bisa berkan untuk satu sekolah saja. Anggaran kita lebih banyak yang bersifat urgen,” ujarnya.

Karena itu menurutnya peran dari pemerintah daerah sangat diharapkan untuk membantu anggaran alokasi sapras madrasah.

“Belum pernah pemda memberikan bantuan anggaran untuk sapras madrasah. Karena itu kami berharap ini dapat menjadi perhatian pemerintah daerah juga,” harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kubu Raya, Jak’far mengatakan roh otonomi daerah adalah bagaimana bersama-sama untuk memajukan semua sektor termasuk dunia pendidikan.

“Memang benar sekolah madrasah dibawah naungan Kemenag akan tetapi bukan berarti bebannya dipikul sendiri. Pemda sendiri tidak dilarang untuk memberikan perhatian atau bantuan kepada madrasah,” ujarnya.

Menurutnya, membangun sekolah madrasah bukan hanya tanggungjawab pihak Kemenag. Tetapi, semua pihak harus saling membantu membesarkan sekolah madrasah.

“Kita sama sama mendidik anak-anak bangsa ini. Jadi Pemda mari kita sama-sama membangun sekolah madrasah yang ada di Kubu Raya ini,” imbaunya.(rob)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here