Dewan Dorong Pemkab Sambas Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

0
1

Sambas,Borneonetv .Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Misni Safari, meminta Pemda Sambas melakukan peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
“Proyeksi PAD kabupaten Sambas seperti yang telah disampaikan oleh eksekutif itu pada tahun 2018 sebesar Rp 103 Milyar, semestinya jika bisa diupayakan, harus naik lagi mencapai 115 Miliar,” ujar Misni Safari, Rabu (1/5).
Peningkatan nilai PAD Sambas, dijelaskan oleh Misni, harusnya memang bisa dilakukan, jika pemerintah jeli dan tegas terhadap objek pajak.”Banyak celah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Sambas, misalnya saja dari objek pajak gedung sarang burung walet yang menyebar di seluruh kabupaten sambas,”ungkap Misni.
Ia mengemukakan, terdapat begitu banyak gedung sarang burung walet di kabupaten ini, namun realisasi pajaknya teramat kecil.
“Bukankah kita sudah punya Perda nya, harus bisa dimaksimalkan, Komisi B DPRD Sambas telah memantau dan terdapat hampir 1000 gedung sarang burung walet di Sambas, dan yang bayar pajak cuma 1, jumlahnya Rp 13 juta,”bebernya.
Ini lanjutnya, belum lagi ditambah dengan yang sekarang ini sedang dibangun.
“Saya pada saat berkunjung ke daerah-daerah di Kabupaten Sambas, banyak melihat pembangunan gedung untuk sarang burung walet yang sedang dilakukan,” tambahnya.
Karena itu kata Misni, sangat diperlukan motivasi pemimpin daerah untuk mencari lumbung-lumbung pendapatan daerah dari sektor pajak.
“Melihat kondisi seperti ini secara lebih luas, untuk meningkatkan PAD kabupaten Sambas diperlukan motivasi dari top leader kita di Sambas agar bisa memacu bawahannya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak, untuk itu kita dorong agar pemerintah kabupaten Sambas melakukan upaya yang maksimal dalam meningkatkan PAD kabupaten Sambas,” tutur Misni. (Gindra)

(Visited 28 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here