Pj Gubernur Kalbar : Kebudaayaan Maju, Pendidikan Kuat

0
7
Pontianak-BorneoneTV, Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riyadmadji, MM menyakini, bahwa jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia.

“Kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat,” Drs Dodi Riyadmadji, MM, Rabu (2/5), saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Upacara Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Dikatakannya, didalam UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Bab I Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional.

“Kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang di cita-citakan masih jauh dari jangkauan, kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi,” jelasnya.

Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas, hanya dengan cara itu kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau di seluruh wilayah Indonesia.

Dijelaskannya, Pemerintah telah bekerja keras dalam membangun dan memperkuat infrastruktur yang dapat menjadi sabuk pengikat antara pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan serta apresiasi publik terhadap keberhasilan pemerintah yang gencar membangin infrastruktur harus di sertai dengan pembangunan sumber daya manusia secara lebih sungguh-sungguh dan terencana.

“Oleh karena itu, pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar dan tertinggal agar wilayah-wilayah tersebut terintegritas dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikan dan kebudayaan,” ujarnya. (Lay).

(Visited 21 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here