Dewan Himbau ASN Harus Netral Dalam Pilkada

Sanggau,borneonetv.Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dalam masa Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA)Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara jelas mengatur tugas profesionalitas ASN yang harus netral dan bebas dari intervensi politik, bahkan sanksi bagi ASN yang melanggarpun cukup tegas.

Anggota Komisi A DPRD Sanggau Akmal mengatakan, berdasarkan pasal 87 ayat 4 huruf b sudah diatur jika ada PNS atau ASN yang terlibat dalam urusan politik dapat diberhentikan secara tidak hormat.

“Urusan politik saja tidak boleh, apalagi ketahuan menjadi pendukung saat kampanye. Atau membantu pasangan calon menggunakan alat negara untuk berkampanye, itu sanksinya juga berat,”ujarnya.

Ia menjelaskan, ASN memang harus netral karena kewajibannya untuk memberikan pelayanan kepada publik, bukan membela salah satu pihak.

“Kalau masyarakat tahu tetangganya PNS tapi ikut kampanye, segera laporkan Panwaslu setempat agar segera ditindak. Kalau bukan masyarakat sendiri yang mengawasi siapa lagi, jadi CCTV lah bagi ASN selama masa Pilkada seperti ini,”tegasnya.

Menurutnya, sekarang ASN harus berfikir dua kali jika ingin melibatkan diri dan bersikap tidak netral, karena sanksi yang akan diterapkan tidak main-main.(JB)

(Visited 28 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here