Debat Kandidat Pilkada Mempawah Berjalan Tertib dan Lancar

0
4
Take : Suasana Debat Kandidat Pilakda memapwah Terbtib dan Lancar(Phot0 /Yanto )

Mempawah – Borneonetv, Debat kandidat pemilihan umum calon bupati dan wakil bupati Mempawah tahun 2018 dilaksanakan di Gedung Volly Indor Komplek Gor Opu Daeng Manambon Mempawah, Sabtu malam (12/5/2018), berjalan tertib dan aman. Puluhan anggota kepolisian terlihat berjaga-jaga melakukan pengamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

Debat kandidat tersebut bahkan menjadi tontonan menarik warga dan pendukung masing-masing kandidat yang memenuhi halaman Gedung Volly Indor Komplek Gor Opu Daeng Manambon Mempawah. Debat kandidat juga menghadirkan satu panelis dosen dari Untan yaitu Dr. Nurfitri Nugraha, S.Ip, M.Si. Teriakan-teriakan dan tawa para warga dan pendukung terdengar dari luar gedung saat para kandidat mencapaikan visi dan misinya.

“Didalam gedung para pendukung dan tim sukses masing-masing kandidat kita batasi jumlahnya hanya 70 orang saja. Kita juga sediakan layar infocus, sehingga warga dan pendukung kandidat bisa juga menyaksikan langsung debat kandidat ini,” kata Ketua KPU Kabupaten Mempawah, Kusnandi.

Selain itu, pada acara pembukaan Kusnandi mengatakan, debat kandidat merupakan salah satu rangkaian pelaksanaan kampanye Pemilukada bupati dan wakil bupati Mempawah 2018, Tujuan dilaksanakan debat kandidat, tidak lain agar masyarakat bisa langsung menilai visi misi dan program masing-masing kandidat.

“Jangan pernah serat masyarakat untuk kepentingan pribadi atau golongan, biarlah hukum yang menyelesaikan jika ada sengketa dalam Pilkada. Untuk itu, gunakan hak suara dengan hati nurani demi pembangunan Kabupaten Mempawah,” kata Kusnandi.

Dalam debat kandidat sendiri terdiri dari 6 sesi, pertama penyampaian visi dan misi, kedua ujia materi, ketiga uji kandidat, keempat dan kelima debat kandidat, serta yang keenam closing stetmen. Dimana masing-masing sesi, para kandidat diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi selama 120 detik. Hanya sesi keempat dan kelima terjadilah debat antar kandidat. Pertanyaan dari kandidat lainnya selama 30 detik dan kesempatan menjawab selama 60 detik.

“Alhamdullilah, seluruh rangkaian Pemilukada sudah berjalan tertib dan aman, hanya tinggal menunggu 27 Juni, waktu pemilihan dan penetapan pemenang calon kandidat. Kita juga menekankan setiap pasangan calon dilarang menjanjikan dan memberikan sebuah barang ataupun mani politik kepada masyarakat yang memiliki hak pilih. Apa bila terbukti maka pasangan calon tersebut akan di batalkan dan di kenakan sangsi,” pungkas Kusnandi. (yanto)

(Visited 45 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here