Pj Gubernur Kalbar: Tingkatkan Informasi Publik ke Arah Positif

0
5
Pontianak-BorneoneTV, Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji mengajak berbagai elemen masyarakat, termasuk pemerintah, untuk menangkal informasi yang bermanfaat, palsu, bohong, atau hoax. Hal ini diungkapkan dalam forum group discussion (FGD) bertema “Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital” di Hotel Aston Pontianak, Senin (14/05).

Acara FGD yang bertema “Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital dihadiri langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., Juru Bicara Presiden RI Johan Budi serta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Prov Kalbar.

Menurut Dodi, semua lembaga yang terkait tidak hanya memiliki peranan penting menangkal berita atau informasi hoax, tapi juga memberikan informasi positif dengan bahasa positif kepada publik.

“Di era digital seperti saat ini, kita harus sangat hati-hati dan akurat memberi pernyataan. Mari hadirkan sebuah tata cara serta sebuah metodologi yang baik untuk mengatur komunikasi sebagai bangsa yang berkarakter, punya tata krama, juga nilai luhur,” Ungkapnya.

Dodi menegaskan, terutama di era transparansi dan perkembangan teknologi informasi dimana perkembangan tersebut telah menjadikan masyarakat lebih kritis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat di masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang Good Governance transparan dan akuntabel.

“Untuk itu kita harus siap mengakomodir dan mengantisipasi keinginan masyarakat/publik agar memeroleh informasi atau berfungsi menjembatani kesenjangan informasi antara pemerintah dengan masyarakat serta dengan seluruh stakeholdernya,” Tegas Dodi.

Dodi juga mengharapkan agar organisasi perangkat daerah juga harus melakukan diseminasi kebijakan pemerintah dan fasilitasi layanan informasi, dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program-program pemerintah yang telah atau sedang akan dilakukan.

“Saat ini pemprov Kalbar melalui organisasi perangkat daerah terkait telah membangun Comand Center dan Media Center serta sistem pengaduan masyarakat yang terintegritas jadi sekarang masyarakat dapat menyampaikan keluhannya melalui akun media sosial yang dikelola Media Center Diskominfo,” Ujarnya. (Lay).

(Visited 22 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here