Pemprov Kalbar Ingatkan Tak Konsumtif Selama Ramadan

0
7
take :Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kalbar Drs. Sumarno, secara simbolis menyerahkan bantuan Pemprov Kalbar kepada Plt. Bupati Mempawah Gusti Ramlana dalam kunjungan silaturrahmi Ramadan Pemprov Kalbar di Mempawah.

Mempawah-BorneoneTV, Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Kalbar mengingatkan, kebiasaan masyarakat saat memasuki Bulan Suci Ramadan dan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri terjadi peningkatan berbagai aktifitas. Baik yang terjadi pada masyarakat muslim sendiri yang mengalami peningkatan aktifitas ibadah maupun pada masyarakat non muslim berupa aktifitas dan kegiatan di bidang perekonomian serta bidang lainnya.

“Pada bulan suci Ramadan ini pula tingkat konsumsi masyarakat mengalami peningkatan khususnya konsumsi terhadap barang-barang kebutuhan pokok, sehingga banyak yang mengkhawatirkan ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok selama bulan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri,” kata Sekda Kalbar DR HM Zeet Hamdy Assovie, Senin (21/5), dalam sambutan yang disampaikan melalui Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kalbar Drs. Sumarno, saat menyampaikan sambutan pada acara kunjungan Silaturrahmi Ramadan Pemprov Kalbar di Kabupaten Mempawah.

Dikatakannya, Pemprov Kalbar akan tetap menjamin ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat di pasaran, dan jika perlu melalui Dinas dan Instansi terkait Pemprov akan melaksanakan operasi pasar dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pokok mereka dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan maupun saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

” Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terlalu konsumtif secara berlebihan dalam memenuhi kebutuhan pokok selama bulan Ramadan ini, sebab salah satu pemicu kelangkaan barang-barang kebutuhan pokok tersebut adalah tingkat konsumsi masyarakat yang berlebihan,” jelasnya.

Sudah saatnyalah masyarakat untuk kembali lagi pada pola hidup yang sederhana dan tidak terlalu berlebihan, sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam bulan yang suci ini, yaitu menahan dorongan hawa nafsu dunia yang cenderung berlebihan dan senantiasa tidak merasa puas.

Sekda mengingatkan bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pilkada serentak baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di beberapa Kabupaten, dihimbau agar kepada seluruh Lapisan masyarakat untuk dapat menjadi jembatan pengikat persatuan dan kesatuan dalam membangun kedamaian serta keharmonisan kehidupan masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat Kalbar yang selama ini sudah hidup rukun dan damai berdampingan menjadi terpecah belah dan saling berkonflik hanya karena perbedaan dalam hal memilih pemimpin,” ingatnya.

Untuk itulah, masih kata Sekda Kalbar dalam sambutannya, diharapkan kepada semua unsur masyarakat untuk berperan secara positif dalam membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam menjaga keharmonisan dan dan kedamaian dikehidupan masyarakat, dengan menyampaikan pesan-pesan menyejukkan dan menyentuh hati dalam menghindari perbedaan.

Dalam kesempatan kunjungan Silahturrahmi Ramadan ini Pemprov Kalbar menyerahkan berbagai bantuan diantaranya bantuan kepada rumah-rumah ibadah, bantuan Modal CSR, bantuan bibit sayuran, dan berbagai bantuan lainnya. (Lay).

(Visited 31 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here