Bea Cukai Tambah Personil Tingkatkan Pengawasan PLBN Aruk

0
16

Sambas,Borneonetv .Kepala Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Sintete, Achmat Wahyudi mengungkapkan dalam upaya peningkatan pelayanan bea cukai Sintete di PLBN Aruk. Akan melakukan penambahan personil, untuk melakukan pengawasan dan pelayanan di pintu masuk antar negara tersebut menjelang lebaran. Pihaknya telah mempersiapkan pelayanan arus mudik Tenaga Kerja Indonesia (TKI) khususnya dari Sambas yang akan pulang dari Malaysia melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk.
“Kami sudah persiapkan upaya peningkatan pelayanan kepada pelintas di PLBN Aruk. Terutama kepada para TKI asal Sambas yang mudik lebaran nanti,” kata Achmat Wahyudi.
Demi peningkatan pelayanan dan kelancaran pelintas batas, diantaranya dengan menambah jumlah personil bea cukai, juga menambah peralatan di PLBN Aruk. “Kami dalam upaya meningkatkan pelayanan di PLBN Aruk, akan menambah personil, kemudian menggeser sarana yang biasanya beroperasi di gudang ke jalur mobile, kemudian menyiapkan dua x ray,” katanya.
Dijelaskan oleh Wahyudi seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, akan mulai terjadi peningkatan orang pada tujuh hari sebelum lebaran idul fitri atau H-7.
“Lonjakan lalu lintas orang, pulang kampung dari Malaysia biasanya akan terlihat sejak H-7, dan puncaknya itu terjadi pada hari Sabtu Minggu terakhir sebelum Idul Fitri,” katanya.
Dan dalam upaya pelayanan dan kelancaran. Penambahan personil sudah dilakukan. Ini dalam upaya pengamanan di PLBN Aruk. “Kami sudah tambah personil, kemudian meningkatkan patroli di jalur tikus diluar jalur PLBN, memaksimalkan penggunakan x ray, menurunkan anjing pelacak,” katanya.
Mengenai jumlah petugas Bea Cukai, saat ini sudah ada penambahan, sehingga berjumlah sembilan orang.  “Ada penambahan personil di PLBN Aruk, sebelumnya 5 orang menjadi 9 orang petugas untuk pengawasan dan pelayanan,” katanya. (Gindra)

Attachments area

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here