Pangdam XII/Tpr Lepas Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali

Kubu Raya-Borneonenetv. Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi melepas Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infantri (Satgas Pamtas Yonif) 123 /Rajawali dalam Upacara pelepasan di Halaman Upacara Makodam XII/Tpr, Sabtu (2/6).

Turut hadir dalam upacara pelepasan ini,  Irdam XII/Tpr, Staf Ahli Pangdam XII, LO AL dan LO AU, para Asisten Kasdam XII dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Asops Danlantamal XII, Kadisops Lanud Supadio, Dandim 1207/BS dan Dandim jajaran Korem 121/Abw, serta, Komandan Batalyon beserta segenap Prajurit Yonif 123/Rajawali.

Menurut Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi, pelaksanaan tugas operasi Pamtas RI-Malaysia merupakan implementasi terhadap pelaksanaan UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI terutama Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang berbunyi bahwa tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang adalah mengamankan wilayah perbatasan. Menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah perbatasan RI-Malaysia selama ini, tentunya kalian telah berbuat semaksimal mungkin untuk meminimalisir jumlah pelanggaran yang terjadi selama bertugas.

“Keberhasilan dan prestasi yang telah kalian lakukan selama penugasan seperti, menggagalkan iIlegal Trading, illegal Logging serta melalui pendekatan yang telah kalian lakukan terhadap masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di sekitar Pos Satgas, masyarakat dengan sukarela dan ikhlas menyerahkan Senpi dan Muhandak mereka. Selain itu, kalian juga berhasil menggagalkan peredaran Narkoba jenis sabu-sabu seberat 11,1 gram di daerah Sei Mawang 2 dan Kout,” puji Mayjen TNI Achmad Supriyadi kepada Prajurit Yonif 123/Rajawali yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia, saat upacara Pelepasan di Halaman Upacara Makodam XII/Tpr.

Dengan adanya keberhasilan ini, Yonif 123/Rajawali telah menunjukkan prestasinya selama bertugas di perbatasan, sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk lebih memantapkan tekad dan semangat juang dalam menyongsong tugas-tugas di masa yang akan datang.

“Sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional harus menyadari, bahwa  prestasi yang telah diraih dalam penugasan kiranya dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan, bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi untuk melaksanakan tugas lebih baik lagi,” ingatnya.

Dikatakannya,dengan berakhirnya penugasan ini, kepada para unsur pimpinan supaya melaksanakan pengecekan terhadap personel maupun materiil terutama senjata dan Muhandak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jaga faktor keamanan selama di perjalanan, selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, sampaikan salam hormat saya kepada keluarga yang telah menunggu kalian di Home Base,” ucapnya.

Dijelaskannya, Yonif 123/Rajawali telah melaksanakan operasi pengamanan selama kurang lebih 9 bulan di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia sektor Timur yaitu dari Kabupaten Kapuas Hulu sampai dengan Kabupaten Sanggau.

“Tentunya dengan penugasan yang kalian lakukan selama ini, akan memberikan pengalaman yang berarti untuk melaksanakan tugas selanjutnya,” ujarnya.

Pangdam XII/Tpr juga mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 1439 H kepada seluruh Prajurit Yonif 123/Rajawali, semoga amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini senantiasa selalu mendapatkan ridho dan barokah dari Allah SWT. (Lay).

(Visited 15 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here