Masyarakat Antusias Ikuti Nuzulul Quran

Mempawah , Borneonetv, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Sungai Pinyuh, bekerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid Nikmatullah (Irman) Sungai Pinyuh menyelenggarakan malam Nuzulul Quran di Masjid Besar Nikmatullah Sungai Pinyuh, Sabtu malam (2/6/2018), kemarin.

Turut hadir pada kesempatan ini, Pj Sekda Mempawah, Ismail, Camat Sungai Pinyuh, Rohmat Effendy, tokoh masyarakat dan ratusan jamaah Kelurahan Sungai Pinyuh yang turut meramaikan serangkaian kegiatan tersebut.

Jemaah masyarakat Kelurahan Sungai Pinyuh tampak antusias mengikuti peringatan nuzulul quran. Suasana semakin hikmad dan penuh kekeluargaan dengan makan dan minum bersama sembari mendengarkan ceramah agama.

Peringatan nuzulul quran pada malam ke-17 ramadan itu diikuti berbagai kalangan masyarakat dilingkungan Kelurahan Sungai Pinyuh. Tidak hanya para orang tua, remaja dan anak-anak pun tampak bersemangat mengikuti nuzulul quran yang dilaksanakan usai pelaksanaan shalat tarawih.

“Bulan ramadan merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Sebab, bulan ramadan disebut juga sebagai penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Makanya, jangan kita sia-siakan bulan ramadan ini. Mari, disisa bulan ramadan ini kita tingkatkan amal dan ibadah,” seru Ustaz AL Habib Bin Adnan kepada para jemaah.

Selain itu, Ustaz AL Habib mengungkapkan, banyak momentum atau peristiwa istimewa yang diberikan Allah kepada umat Islam pada bulan ramadan. Salah satunya peristiwa turunnya kitab suci Alquran sebagai tuntutan umat manusia di muka bumi.

“Alquran ini diturunkan untuk membimbing dan menjadi petunjuk bagi umat manusia agar tidak tersesat ke jalan yang salah. Agar manusia selamat dari kesulitan dunia dan akhirat kelak. Jadi, kalau kita ingin sukses dunia akhirat maka ikutilah perintah dan petunjuk Alquran dan hadist,” pesannya.

Lebih jauh, Ustaz AL Habib juga menyebut, keistimewaan lain pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadan yakni malam lailatul qadar. Karenanya, Ustaz mengajak seluruh masyarakat yang hadir dalam kesempatan itu untuk berlomba-lomba mencari keridahaan Allah SWT pada ramadan 1439 H.

“Mari bersama-sama kita mencari keistimewaan malam lailatul qadar. Bagi para suami, tuntun istri dan anak untuk maksimalkan ibadah selama sepuluh hari terakhir bulan ramadan ini. Laksanakan shalat malam dan membaca alquran termasuk bersedah dan melaksanakan amal soleh lainnya,” himbaunya.

Tak lupa dalam kesempatan itu pula, Ustaz AL Habib mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk meningkatkan silahturahmi antar sesama muslim. Bersihkan hati dan berjabat tangan untuk saling memaafkan sesama saudara, keluarga, tetangga dan masyarakat disekitarnya.

“Mumpung belum terlambat, maka kita harus saling memaafkan. Jika ada kata, sikap, sifat dan prilaku yang tidak berkenan mohon kiranya dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita semua mendapatkan berkah, hidayah dan ampunan dari Allah SWT,” pungkasnya. (yanto)

(Visited 13 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here