Ketua Umum PHIS Lantik Ketua dan Pengurus Perhakin Kalbar

Pontianak-BorneoneTV, Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera (PHIS) Sugeng Prananto melantik Ketua dan Pengurus Perkumpulan Hakka Indonesia (Perhakin) Kalbar Periode Ke II Masa Bhakti 2018-2022 di Garuda Hotel, Sabtu (9/6).

Pada periode Ke II ini, Phang Khat Fu kembali dipercaya untuk menahkodai Perhakin Kalbar dalam masa 4 Tahun Kedepan dalam Rapat Pemilihan Pengurus Perhakin Kalbar beberapa waktu lalu di Sekretariat Perhakin Kalbar.Ketua Umum Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Sugeng Prananto menyampaikan ucapan selamat kepada Phang Khat Fu yang terpilih kembali sebagai Ketua Perhakin Kalbar Periode Ke II masa Bhakti 2018-2022.
“Ini adalah hari yang luar biasa karena Phang Kat Fu kembali terpilih sebagai Ketua Perhakin Kalbar periode 2018-2022,” kata Sugeng Prananto usai melantik Ketua dan Pengurus Perhakin Kalbar di Garuda Hotel.

Dikatakannya, saat ini Perhakin Kalbar  sedang membangun rumah Hakka Kalbar, karena sejak dibentuk, Perhakin Kalbar belum memiliki rumah Hakka dan menumpang Ruko menjadi rumah Hakka, “Semua ini berkat bantuan Cornelis yang dulu menjabat sebagai Gubernur Kalbar, tanpa bantuan beliau tentu rumah Hakka tidak akan dibangun sekarang,” jelasnya.Hakka memiliki hubungan yang sangat baik dengan seluruh masyarakat Kalbar.”Kita lahir dan besar di Indonesia, cari makan dan mati di Indonesia, jadi tanah air kita adalah Indonesia, kita harus bersatu bangun Indonesia, khususnya Kalbar,” imbaunya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riyadmadji, MM meminta kepada Perkumpulan Hakka Indonesia di Kalbar ini bertujuan untuk melestarikan budaya etnis Tionghoa dari kelompok Hakka atau Khek. “Keturunan Hakka kini telah menjadi bagian dari Indonesia yang tak terpisahkan dimana keturunannya telah tersebar di
seluruh Indonesia,” kata Pj Gubernur Kalbar dalam sambutan yang disampaikan Kadisparpora Kalbar,  Sugeng Haryadi saat menghadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Perhakin Kalbar di Garuda Hotel.

Dikatakannya, sebagai generasi muda sudah sepantasnya kita mengenal dan melestarikan tradisi dan budaya nenek moyang agar tetap terjaga kelestariannya,
karena kitalah yang akan meneruskan perjuangan dimasa yang akan datang.”Pengurus Perkumpulan Hakka Indonesia Kalbar yang telah dilantik ini hendaknya dapat bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab menjalankan tugas yang diberikan, sehingga apa yang menjadi tujuan dari Perkumpulan Hakka ini dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Menjalankan suatu organisasi  tidaklah mudah karena akan banyak kendala dan hambatan yang akan dihadapi, namun kita tidak perlu takut apabila kita bersama, bersatu dan bertekad untuk memajukan organisasi pasti semua masalah akan terselesaikan dengan baik. “Saya sangat menghargai kerja keras, semangat dan solidaritas Hakka ini untuk ikut berkontribusi membangun Bangsa Indonesia baik dari bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan sehingga dapat membantu Negara Indonesia menjadi maju dan berkembang,” jelasnya.

Sebagai Suatu Negara yang berlandaskan Pancasila, Indonesia merupakan suatu Negara yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai Kemanusian, dengan keanekaragaman Suku, Budaya, nilai-nilai luhur sudah   sepatutnya kita saling menghargai perbedaan tersebut, karena dari perbedaan itulah akan timbul sikap tenggang rasa, saling hormat-menghormati hak dan kewajiban orang lain.”Perbedaan bukan menjadikan suatu bangsa terpecah belah sebaliknya dari perbedaan tersebut menjadikan Indonesia semakin kuat dan bersatu,” ujarnya. (LAY).

 

(Visited 71 times, 1 visits today)
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here