Segel Kotak Suara Di Desa Semabi Sekadau Dibuka Oleh Oknum PPS Desa

0
78

Sekadau,Borneonetv .  Aksi Membuka segel kotak suara terjadi di Desa Semabi Kecamatan Sekadau Hilir kabupaten Sekadau oleh oknum PPS Desa Semabi pada Selasa (26/6/18) di Desa Semabi kecamatan Sekadau Hilir Mendapat perhatian khusus dari masyarakat yang ada di kabupaten Sekadau.

Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi Dihubungi oleh borneonetv yang bertugas membenarkan bahwa Pada Selasa siang, (26/6/18) sekitar jam 11.00 wiba, Ada oknum Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa Semabi Kecamatan sekadau hilir dengan inisial PS beserta 2 Oknum anggota Panitia Pemungutan Suara dan Sekertaris Panitia Pemungutan Suara yang juga merupakan Kades Semabi JM telah membuka segel kotak suara dengan diketahui oleh PPL Desa Semabi HM.

Menurut informasi yang di dapat adapun kotak suara yang dibuka adalah kotak suara untuk TPS no. 1 desa semabi, Sedangkan untuk 4 kotak suara lainnya tidak dibuka masih dalam keadaan baik. Menindak lanjuti kejadian tersebut ketua panwaslu Kabupaten Sekadau Nur Sholeh, S.Hi dengan satu orang staf panwaslu beserta Komisoner KPU Kabupaten Sekadau Marikun, S.Sos yang didampingi oleh dua orang staf KPU Sekadau langsung mendatangi KPPS 1 semabi, serta mengecek kelengkapan dan keutuhan logistik pilkada di daerah tersebut. Berdasarkan pemeriksaan bersama diketahui bahwa Kondisi kotak suara hanya di buka segel luar, kondisi surat suara di dalam amplop masih tersegel dan formulir tidak tertulis terang Anggon Kepada borneonetv melalui via aplikasi whats apps pribadinya.

Selanjutnya komisioner KPU melakukan penyegelan kembali disaksikan oleh Panwaslu dan 2 orang PPK Kecamatan Sekadau Hilir. Kapolres Sekadau juga mengatakan berdasarkan interogasi awal dijelaskan bahwa alasan membuka segel adalah PPS Tidak mengetahui kalau membuka segel kotak suara diperbolehkan dan untuk memastikan isi di dalam kotak suara sesuai Berita Acara yang diberikan KPU, Petugas PPS sebelumnya sudah di berikan bimtek, namun di duga pada saat bimtek tidak mendengarkan arahan oleh nara sumber sehingga tidak mengerti, Dan PPL tidak mengetahui larangan karena baru di ganti ( PAW ) dan belum sempat di berikan Bimtek.

Selain Itu Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah telah dilakukan pertemuan antara Kapolres Sekadau, Komisioner KPU Sekadau, Ketua bawaslu Sekadau, serta Danramil 1204-15/Sekadau hilir bertempat di kantor bawaslu kabupaten untuk membahas tindak lanjut peristiwa tersebut, dengan kesepakatan bahwa pihak KPU akan membuat berita acara penyegelan baru, untuk proses pemungutan suara tetap dilaksanakan besok, dan setelah pemungutan suara akan ditindaklanjuti pelanggaran pemilu yang terjadi di desa Semabi Kecamatan Sekadau hilir kabupaten Sekadau tersebut. (boy)

(Visited 162 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here