Pj Gubernur Kalbar : Pendidikan Aspek Penting Dongkrak IPM

0
10

Pontianak-BorneoneTV. Pj Gubernur Kalbar Drs Dodi Riyadmadji, MM Pendidikan merupakan jembatan bagi suatu bangsa untuk mencapai taraf hidup dan kesejahteraan yang jauh lebih baik. “Dunia pendidikan adalah dunia yang amat kompleks, karena spektrumnya sangat luas, menantang karena menentukan masa depan bangsa, dan mulia karena pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia (human being),” kata Drs Dodi Riyadmadji, MM, Jumat (29/6), saat menghadiri Peresmian Gedung KH Ahmad Dahlan milik Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr KH Haedar Nasir, M.Si, di Aula Gedung STIK Muhammadiyah  Pontianak.

Dikatakannya, keberadaan lembaga Pendidikan STIK Muhammadiyah Pontianak merupakan sumbangan penting dalam dunia pendidikan khususnya bagi Provinsi Kalbar, karena melalui lembaga pendidikan tinggi inilah kita harapkan kedepan mampu menghasilkan tenaga-tenaga keperawatan yang memiliki standar kualitas yang Profesional.

“Dengan adanya pembangunan gedung baru di STIK Muhammadiyah Pontianak ini, tentu merupakan upaya yang dilakukan STIK Muhammadiyah Pontianak didalam
meningkatkan sumber daya manusia yang diharapkan kedepan mampu merespon kebutuhan masyarakat khususnya di Provinsi Kalbar dalam membentuk kader-kader unggul serta mampu mencetak lulusan-lulusan yang memiliki kualitas yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal serta mampu mengatasi semua keluhan masyarakat di Provinsi Kalbar,” jelasnya.

Pj Gubernur Kalbar juga berharap kepada STIK Muhammadiyah Pontianak untuk mampu memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam bagaimana sesungguhnya profesi sebagai tenaga kesehatan, disamping pentingnya seorang perawat yang mampu memahami dan mengetahui kondisi di daerah tugasnya dengan baik serta kearifan lokal yang berlaku dan dihormati masyarakat setempat.

Di dalam undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, ditegaskan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan dan pedidikan sebenarnya merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua (keluarga)  Pendidikan tidak boleh hanya dibebankan kepada salah satu dari ketiga unsur di atas, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kalbar,  melalui RPJMD Tahun 2013-2018 telah menetapkan Visi dalam pembangunan yaitu “Mewujudkan Masyarakat Kalbar yang Beriman, Sehat Cerdas, Aman Berbudaya dan Sejahtera”. Melalui Visi tersebut kita bertekad untuk memberikan penekanan dan perhatian yang serius pada upaya pembangunan khususnya didalam membangun sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan Pendidikan yang berkualitas sehingga dapat mewujudkan generasi muda yang Produktiv dan Kreatif khususnya didalam meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia di bidang ilmu kesehatan.

“Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting didalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan pendidikan juga merupakan salah satu aspek didalam mengukur standar kualitas manusia, sehingga sudah tentu, sebuah pendidikan yang berkualitas dapat menjadi sebuah upaya didalam menjadikan manusia menjadi pintar serta dapat menjadikan manusia yang seutuhnya, tidak hanya fisiknya, juga batinnya dan menjadikan manusia yang dapat berfikir dan bertindak secara arif dan bijaksana dalam mengelola sumber daya yang ada,” ujarnya. (Lay)

 

(Visited 18 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here